Cycas revoluta, Pohon Sikas Termahal

Cycas revoluta, merupakan jenis tanaman sikas yang sudah diakui di seluruh dunia karena keindahannya. Sehingga wajar jika menyandang julukan sebagai pohon sikas termahal, tanaman yang berukuran kecil harganya paling murah sekitar 300 ribu rupiah sedangkan yang berukuran besar untuk yang standar sekitar 10 juta rupiah tetapi jika bentuk batangnya unik harganya dapat terjual hingga ratusan juta rupiah.

Ciri Morfologi

Tanaman sikas ini berasal dari cina dan jepang tetapi lebih terkenal sebagai sikas jepang. Jenis sikas yang batangnya berbentuk silinder ini tingginya bisa mencapai sekitar 3 m dan batangnya besar. Batangnya berwarna hitam dengan bekas bekas pangkal tangkai daun yang tersusun spiral mulai dari pangkal batang. Dan kadang kadang dapat tumbuh cabang di bagian ujung batang. Namun demikian, pohon sikas termahal ini ada juga yang batangnya tidak berkembang tinggi tetapi membengkak tebal, bulat menyerupai bola. Dan anehnya bukannya daun yang tumbuh, justru anakan yang muncul berbaris sejajar. Inilah salah satu yang membuat tanaman ini unik.

Daunnya sangat cantik, berbentuk seperti sirip, berwarna hijau tua mengkilap, sirip daun ini begitu rapat dan makin ke pucuk makin menyempit. Helaian anak daun lurus memanjang berjung runcing dan tajam bagai duri. Dengan tepi daun  pinggiran menggulung ke bawah.aaa

Tangkal daun bersudut atau bersegi empat dan berduri kecil. Daun yang belum mekas sangat indah sekali, diselimuti oleh bulu bulu halus berwarna kuning kecokelatan dan kuncup daun yang baru mekar berwarna hijau muda, lemah gemulai. Namun setelah tua menjadi lebih tajam.

Lantaran bentuk dan susunan daunnya mirip palem, maka sikas jepang ini juga sering dianggap sebagai pohon pinang pinangan oleh orang orang barat. Mereka menyebutnya sebagai Sango palm, meskipun tanaman ini bukan sango. Sikas yang indah ini disebut juga Cycas inermis. Jenis tanaman sikas ini mempunyai buah yang berwarna orange dan bijinya berbentuk bulat telur berwarna mera. Biji ini dapat digunakan untuk perbanyakan tanaman.

Si cantik menawan ini tumbuhnya lambat dan dapat diperbanyak dari biji maupun tunas tunas yang muncul pada batang atau pangkalnya. Sangat bagus ditanam dalam pot ataupun di hidroponikkan. Tentunya ini selagi masih kecil. Setelah tumbuh bongsor, lebih cocok ditanam di halaman ataupun sebagai pelengkap tanaman asri. Baik untuk tanaman sentral maupun berkelompok dengan tanaman lain. Bahkan dapat tumbuh baik di rumah kaca. Daunnya yang bags mempesona itu dapat dipakai untuk berbagai desain dekorasi dan krans karangan bunga yang indah.

Pohon Sikas Termahal Ini Beracun

Walaupun memiliki bentuk yang sangat indah, pohon sikas termahal ini sangat beracun jika tertelan. Sehingga anda harus berhati hati dan jauhkanlah dari jangkauan anak kecil atau hewan peliharaan. Jangan sampai, mereka tidak sengaja memakannya. Dalam waktu 12 jam ketika tidak sengaja memakan tanaman ini, akan timbul gejala klinis racun, seperti muntah, diare, kejang kejang dan hepatotoksisitas (kerusakan hati).

Tingkat kematian akibat memakan tanaman ini juga cukup tinggi. Menurut pusat pengendalian racun ASPCA sekitar 50 – 75 % hewan yang memakan sikas akan mengalami kematian setelah memakan pohon ini. Jika anak atau hewan peliharaan anda tidak sengaja memakan pohon sikas termahal ini, segeralah menghubungi dokter sehingga dapat segera dilakukan pengobatan.