Ciri Ciri Burung Kolibri

ciri ciri burung kolibriBerbicara mengenai ciri ciri burung kolibri, yang terlintas di pikiran kita tentunya adalah seekor burung yang memakan madu. Padahal ada banyak hal spesial lain yang dimiliki oleh burung ini. Salah satunya adalah kemampuan kicauan yang dimilikinya, sehingga menyebabkan saat ini banyak penghobi burung yang memeliharanya. Keunikan lain yang dimiliki kolibri adalah ia mampu terbang dengan melakukan gerakan mundur. Kemampuan tersebut tidak dimiliki oleh jenis burung lain yang ada di dunia.

Ciri Ciri Burung Kolibri

Di seluruh dunia, terdapat kurang lebih 500 spesies burung kolibri yang sudah teridentifikasi oleh manusia. Sebagian besar (300 spesies) hidup di wilayah hutan Amazon, Amerika Selatan. Walaupun memiliki keragaman spesies yang melimpah, ada beberapa hal unik yang bisa kita jadikan penciri burung kolibri. Beberapa ciri ciri burung kolibri tersebut diantaranya :

1. Berukuran Kecil

Kolibri merupakan burung yang berukuran kecil,, dengan panjang sekitar 4.5 – 7,5 cm dan berat antara 1,5 – 25 gram. Salah satu spesies dari kolibri, yaitu kolibri lebah menjadi spesies burung terkecil yang ada saat ini. Ukuran kolibri lebah jantan terbesar yang pernah diketahui memiliki panjang hanya 55mm saja.

2. Penerbang Ulung

Kolibri merupakan burung penerbang ulung karena kemampuannya menggerakkan sayap dengan cepat. Dalam satu detik, burung ini dapat mengepakan sayap sebanyak 12-90 kali. Seorang peneliti dari Universitas California bernama Christopher Clark melakukan pengamatan mengenai kecepatan kolibri dalam menggerakkan sayap. Ia menggunakan kamera super cepat untuk bisa menangkap setiap gerakan dari burung ini. Hasilnya dalam waktu 1 detik, Christopher berhasil memotret 500 gambar berbeda.

3. Memiliki Bulu yang Indah

Selain menjadi burung yang jago terbang, kolibri memiliki warna bulu yang sangat indah. Warna bulu yang dimiliki oleh kolibri sangat beragam tergantung dari spesiesnya. Seekor kolibri mempunyai sekitar seribu bulu di dalam tubuhnya, dimana kebanyakan bulunya berwarna cerah. Bulu yang dimilikinya juga dapat memantulkan sinar matahari, menyebabkan ia terlihat sangat memukau ketika bergerak.

Banyak orang yang menganggap kolibri sebagai salah satu jenis burung kecil yang indah dan menarik. Hal itu menyebabkan burung ini banyak diburu untuk diperjualbelikan dan menyebabkan populasinya di alam turun drastis. Padahal kolibri bisa menjadikan halaman rumah atau kebun kita lebih asri dan membantu penyerbukan bunga pada tanaman disekitar kita. Sebagai upaya pelestarian kolibri, banyak orang di negara barat yang menyediakan makanan untuk kolibri di halaman belakang rumah mereka. Langkah ini pun bisa anda lakukan, sebagai langkah pelestarian burung ini.

4. Pemakan Madu

Anda mungkin sudah tahu, kolibri tidak memakan biji seperti kebanyakan burung lainnya. Burung kolibri memakan nektar yang ada di dalam bunga, tanaman merambat yang harum dan serangga berukuran kecil. Nektar menjadi makanan utama dan paling disukai oleh kolibri, karena nektar bisa memberikan banyak energi untuknya.

Di samping mengandung air, nektar juga mengandung berbagai senyawa gula seperti sukrosa, glukosa dan fruktosa. Gula merupakan senyawa yang bisa memberikan energi yang baik untuk burung ini. Jadi bagi anda yang memelihara kolibri di rumah, berikan air gula kepadanya sebagai pengganti nektar yang menjadi pakan mereka di alam.

5. Burung yang Rakus

Burung kolibri termasuk jenis hewan yang menghabiskan energi dalam jumlah besar setiap harinya. Walaupun berukuran sangat kecil, energi yang dibutuhkannya sangat besar. Penyebabnya adalah energi tersebut dibutuhkan untuk menggerakkan sayapnya dengan sangat cepat, memiliki aktivitas yang sangat tinggi dan jam biologis mereka berjalan dengan sangat cepat. Laju denyut jantung yang dimilikinya ketika sedang terbang dapat mencapai hingga lebih dari 1200 kali per menit.

Itulah yang menyebabkan burung kolibri sering disebut sebagai pemakan yang rakus. Mereka makan dengan sangat sering, terbang dari satu bunga ke bunga lain untuk memakan nektarnya yang merupakan sumber energi utama bagi kolibri. Selain karena aktivitasnya yang tinggi, kapasitas perut kolibri juga kecil dan tidak bisa menahan terlalu banyak makanan sekaligus. Hal itu yang menyebabkan mereka harus sering makan agar tidak kelaparan. Dalam satu jam saja, burung kolibri bisa makan sekitar 6-15 kali.

6. Bentuk Paruh Kolibri yang Elastis

Burung kolibri memiliki paruh bagian bawah yang elastis, ini juga merupakan rahasia mengapa burung ini begitu rakus. Paruh kolibri bisa membuka hingga membentuk sudut 25 derajat, bagian dasar paruhnya juga bisa melebar dengan jauh. Setelah terbuka, kolibri bisa menutup paruhnya dengan sangat cepat. Kecepatan paruhnya ini membuat kolibri bisa menangkap serangga yang terbang dalam waktu kurang dari 1/100 detik. Selain bisa bergerak dengan sangat cepat, kekuatan paruh yang dimilikinya juga sangat luar biasa dan dapat menghancurkan serangga mangsanya.

Makanan Burung Kolibri

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, karena aktivitasnya yang tinggi maka kolibri membutuhkan energi yang cukup besar. Untuk mendapatkan energi tersebut, seekor burung kolibri membutuhkan asupan makanan yang berkalori tinggi seperti nektar. Ada spesies burung kolibri yang mendapatkan nektar dengan menghisapnya menggunakan paruhnya yang kecil dan panjang. Namun, ada juga yang mengebor sebuah lubang menembus pangkal bunga sehingga ia bisa menyisipkan paruhnya ke dalam lubang tersebut.

Adanya kolibri yang menghisap nektar di dalam bunga dapat membantu tanaman melakukan penyerbukan silang. Hal itu dikarenakan serbuk sari akan terbawa pada kepala atau paruh kolibri dan kemudian akan ikut berpindah ke bunga lainnya. Apabila serbuk sari yang terbawa tersebut masuk ke dalam putik bunga lain maka penyerbukan silang pun terjadi.

Cara Berkembang Biak Kolibri

Ketika memasuki musim kawin, kolibri jantan akan berkicau dengan gacor untuk menarik perhatian betinanya. Beberapa spesies kolibri bahkan memiliki suara kicauan yang sangat merdu dan sangat enak untuk didengar. Sementara itu, burung betina dari kolibri akan terbang secara berkelompok dan melakukan akrobat di udara untuk menarik perhatian pejantannya. Aktivitas sebelum reproduksi kolibri ini terlihat begitu menarik, sehingga bisa menjadi hiburan tersendiri.

Dalam sekali berkembang biak, biasanya burung kolibri hanya menghasilkan 2 buah telur. Telur kolibri memiliki ukuran yang sangat kecil, berwarna putih bersih tanpa ada bercak sama sekali. Telur tersebut ditempatkan dalam sarang yang terbuat dari anyaman yang terbuat dari tanaman dan bulu yang diikatnya menggunakan jaring laba-laba. Pada bagian sisi luarnya biasanya dihiasi oleh lumut kerak dan sedikit lumut daun.

Itulah uraian singkat dari saya seputar ciri ciri burung kolibri yang merupakan jenis burung pemakan madu. Semoga artikel ini dapat menambah pemahaman anda tentang keanekaragaman hewan yang ada di sekitar kita.