Cara Mengusir Tikus Yang Membandel di Rumah

Bermasalah dengan hewan pengerat satu ini memang menyebalkan. Selain mengganggu, tikus juga tak jarang mengeluarkan bau yang tak sedap di rumah. Cara mengusir tikus di rumah ternyata tidak perlu menggunakan teknik yang rumit. Berikut akan saya bahas tentang cara mengusir tikus yang membandel di rumah dengan bahan sederhana.

7 Cara Mengusir Tikus yang Membandel dengan Mudah

Ada beberapa cara mengusir tikus menggunakan bahan sederhana yang bisa anda praktekkan di rumah. Beberapa bahan sederhana yang bisa digunakan untuk mengusir tikus tersebut, diantaranya :

1. Kapur Barus

Tikus sangat sensitif dengan bau harum. Sehingga salah satu cara agar tikus tidak kerasan tinggal dirumah anda adalah dengan memberi pengharum alami ruangan. Salah satunya adalah dengan kapur barus. Dengan memberi kapur barus di setiap sudut rumah dan sudut lemari akan membuat tikus enggan masuk kedalamnya.

2. Suara Jangkrik

Untuk salah satu cara sederhana yang bisa anda gunakan untuk mengusir tikus adalah dengan memelihara jangkrik. Untuk cara memelihara jangkrik ini anda bisa memasukkannya dalam beberapa kandang buatan dengan ukuran kecil. Lalu anda bisa meletakkannya di beberapa sudut rumah.

Tikus tidak suka dengan suara bising dan keramaian yang diciptakan oleh jangkrik ini. Bila anda memelihara, tikus akan cenderung tidak akan mau mendekat karena suara jangkrik akan merusak pendengaran tikus. Sehingga tikus akan tidak betah tinggal di hunian anda dan memilih untuk pergi.

3. Buah Buahan

Mengkonsumsi buah buahan tak hanya nikmat di bagian dagingnya saja. Tetapi beberapa jenis buah satu ini juga bisa anda manfaatkan sebagai Cara Mengusir Tikus Yang Membandel di hunian anda. Salah satunya adalah buah durian dan buah mengkudu. Untuk cara mengolahnya menjadi obat tikus cukup mudah.

Untuk durian, bagian yang digunakan adalah kulitnya. Kulit durian yang keras dan tajam tetapi mengeluarkan aroma yang tajam ini tidak disukai oleh tikus. Anda tinggal memotong motong saja kulit durian, dan anda letakkan pada bagian sudut rumah yang sekiranya sering dihuni atau dilalui oleh tikus.

Buah selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah mengkudu. Selain berkhasiat untuk kesehatan, buah satu ini juga terbukti ampuh untuk mengusir tikus. Caranya pun mudah, anda tingga menghancurkan buah mengkudu sampai cukup halus. Setelah itu anda masukkan kedalam botol semprot yang dicampurkan dengan air.

Setelah dibiarkan sebentar sampai buah mengkudu itu larut dengan air. Anda bisa langsung menyemprotkannya ke daerah daerah yang sering dihuni atau dilalui tikus. Bau yang dikeluarkan oleh sari buah mengkudu ini sangat dibenci oleh tikus. Sehingga tikus menjadi tidak betah tinggal di hunian anda nantinya.

4. Bahan Minuman

Cara Mengusir Tikus Yang Membandel dalam rumah berikut ini menggunakan bahan campuran minuman yang bisa anda temukan dengan mudah. Beberapa bahan tersebut antara lain seperti Daun Mint, Bubuk kopi dan Kantung teh bekas. Bau yang dikeluarkan dari bahan bahan ini cenderung segar sehingga tikus akan membencinya.

Untuk cara mengolah daun mint cukup mudah, anda tinggal melarutkannya saja dengan air. Diamkan beberapa saat kemudian tinggal anda ambil sarinya tersebut lalu masukkan dalam botol semprot. Semprotkan pada area yang sering dilalui tikus. Cara lainnya anda juga bisa menggunakan minyak peppermint yang dioleskan pada area tersebut juga.

Related Post

Selain bisa mengusir tikus, minyak peppermint juga bisa membuat hunian anda lebih wangi dan terasa lebih segar. Bila anda pecinta kopi. Kopi selain nikmat untuk diminum ternyata kopi juga mempunyai fungsi untuk mengusir hewan pengerat yaitu tikus. Anda cukup menaburkan bubuk kopi tersebut ke area area yang sering dilewati oleh tikus.

Untuk bahan minuman lainnya adalah teh. Kantung teh sisa setelah anda gunakan menyeduh, bisa anda gunakan juga sebagai penangkal tikus yang ampuh. Sebelum itu, anda harus memastikan kantung teh tersebut masih lembab dan mengeluarkan aroma yang masih kuat saat anda meletakkan di setiap sudut rumah.

5. Campuran Bubuk Cabai dan Deterjen

Cara Mengusir Tikus Yang Membandel satu ini cukup ampuh anda. Kedua bahan ini juga bisa anda temukan dengan mudah dalam rumah anda. Kedua bahan ini adalah bubuk cabai dan detergen atau sabun cuci baju. Sebelum mencampurkan kedua bahan ini, ada baiknya anda menggunakan sarung tangan agar menghindari iritasi pada kulit.

Campuran kedua bahan tersebut lalu anda beri sedikit air untuk dilarutkan. Anda cukup membiarkan larutan tersebut beberapa saat.  Setelah itu masukkan kedalam botol semprot. Cairan larutan ini bisa anda semprotkan ke berbagai sudut ruangan yang akan menghalau tikus mendekat.

6. Bumbu Dapur

Selain bisa digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan yang lezat, beberapa bumbu dapur ini ternyata sangat berguna untuk mengusir tikus dengan ampuh. Beberapa diantaranya adalah bawang, lada bubuk, cengkeh, daun salam hingga cuka putih. Berbagai macam bumbu tersebut cukup mudah anda temukan di rumah anda.

Bau bawang yang tajam memang tidak disukai oleh tikus. Bumbu dapur satu ini bisa menjadi penangkal tikus alami dengan cara yang sederhana. Anda cukup meletakkan irisan bawang dengan aroma menyengat ini ke beberapa sudut hunian anda. Tikus dijamin tidak akan mau melewati daerah tersebut.

Menambahkan cuka dalam masakan memang akan menambah citarasa masakan anda. tetapi cuka bisa menjadi Cara Mengusir Tikus Yang Membandel. Anda bisa mencelupkan kapas ke dalam cuka dan meletakkan kapas tersebut ke beberapa daerah yang dilalui tikus. Tetapi anda juga harus berhati hati menuangkan cuka yang bila terkena tangan akan terasa perih.

Bumbu dapur selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah cengkeh. Bumbu dapur satu ini memang mempunyai bau segar yang sangat khas. Bau ini tentu akan sangat dibenci oleh tikus yang tidak menyukai bau wangi segar seperti ini. Untuk menggunakan cengkeh, anda bisa membungkusnya dengan kain kasa lalu letakkan pada area tertentu di rumah anda.

Untuk bumbu dapur lainnya yang bisa anda gunakan adalah daun salam. Tetapi cara penggunaannya cukup berbeda dengan bumbu lainnya dalam mengusir tikus. Anda bisa mencampurkan daun salam ini kedalam makanan yang akan disukai oleh tikus. Sehingga tikus akan memakannya dan akan meninggalkan rumah karena merasa keracunan.

7. Kulit Telur

Cara berikutnya untuk mencegah datangnya tikus adalah dengan memanfaatkan cangkang telur. Setelah anda mengolah isinya, kulit telur yang biasanya anda langsung buang bisa juga dimanfaatkan. Untuk caranya cukup mudah, anda hanya perlu menumbuk kulit telur ini sampai dirasa cukup halus.

Setelah menjadi bubuk, anda bisa menyebarkan buku kulit telur ini di sekitar wilayah hunian anda yang sering dilewati tikus. Tak hanya ampuh sebagai Cara Mengusir Tikus Yang Membandel saja, cara ini ternyata juga ampuh dalam mengusir hewan pengganggu lainnya seperti kecoa dan semut.

Selain menggunakan trik diatas. Salah satu cara untuk mencegah hewan kecil pengerat lainnya masuk ke dalam hunian anda adalah dengan cara menjaga kebersihan. Sering sering membersihkan kolong tempat tidur, lemari atau bagian tersembunyi dapur juga bisa sangat membantu menghilangkan gangguan hewan hewan kecil ini.

Categories: Tikus