Jenis Bunga Matahari

Bunga matahari merupakan salah satu jenis tanaman bunga yang paling terkenal dikarenakan memiliki bunga yang berukuran besar. Ia memiliki nama latin Helianthus annuus dan dalam taksonomi tumbuhan dimasukkan kedalam famili Asteraceae. Selain dikarenakan ukuran bunganya yang besar, tanaman ini juga banyak dikenal karena bijinya dapat diolah menjadi sebuah makanan yang populer yaitu kuaci.

Jenis Bunga Matahari Untuk Tanaman Hias di Taman

Berdasarkan fungsinya bunga matahari secara umum dikelompokkan menjadi 4 golongan. Kelompok pertama adalah yang dimanfaatkan untuk menghasilkan minyak, jenis bunga matahari yang masuk kelompok ini memiliki cangkang biji yang tipis serta didalam bijinya mengandung minyak sekitar 50%. Kelompok kedua adalah yang digunakan sebagai pakan ternak, varietas yang dimasukkan kedalam kelompok ini daunnya tumbuh lebat sehingga dapat digunakan sebagai pakan ternak. Kelompok ketiga adalah yang digunakan sebagai bahan pembuat kuaci, anggota kelompok ini cangkang bijinya tipis tetapi bijinya tidak banyak mengandung minyak. Kelompok yang terakhir adalah yang digunakan sebagai tanaman hias.

Nah pada artikel ini saya akan membahas mengenai varietas apa saja yang bisa digunakan sebagai tanaman hias di Taman atau pekarangan rumah anda. Jenis bunga matahari untuk tanaman hias tersebut diantaranya :

Bunga Matahari Raksasa Amerika

Jenis bunga matahari yang paling populer digunakan sebagai tanaman hias di taman. Hal itu dikarenakan ia memiliki ukuran bunga yang besar. Diameter bunga tanaman ini dapat mencapai lebih dari 60 cm. Batangnya kokoh yang digunakan untuk menopak bunganya yang berukuran besar. Daunnya juga tumbuh berukuran besar yang panjangnya dapat mencapai 1 meter dengan lebar sekitar 40 cm. Jika dibiarkan tumbuh secara alami, tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 4 meter. Ia akan terlihat seperti tanaman bunga raksasa yang tiada duanya. Untuk itu, anda perlu rajin memangkas tanaman ini supaya tidak tumbuh terlalu besar.

Bunga Matahari Skyscraper

Merupakan varietas yang paling banyak tumbuh di Eropa, tanaman ini memiliki kecepatan tumbuh yang luar biasa cepat. Kecepatan tumbuhnya yang cepat untuk menjulang keatas itulah yang menyebabkannya dijuluki dengan nama Skyscraper yang artinya pencakar langit. Tanaman ini memiliki batang yang tebal dan dapat menghasilkan bunga dengan diameter mencapai 35 cm. Jika dibiarkan tumbuh bebas di halaman, pohonnya dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 4,5 meter.

Jika anda tidak menginginkan tanaman hias anda tumbuh menjulang keatas, sebaiknya anda perlu rajin untuk memangkasnya agar tidak tumbuh terlalu tinggi. Tetapi dibiarkan tumbuh tinggi untuk dijadikan sebagai tanaman didekat pagar anda seperti foto diatas juga terlihat menarik kok. Agar dapat menghasilkan bunga yang berukuran besar, anda juga perlu menyediakan nutrisi tanaman dengan jumlah yang banyak. Pastikan anda memberi pupuk secara rutin supaya tanaman ini dapat memaksimalkan potensinya untuk menghasilkan bunga berukuran besar.

Fiesta Del Sol Sunflower

Fiesta Del Sol merupakan varietas bunga matahari yang berasal dari Meksiko. Oleh karena itu, ia dijuluki pula dengan nama Meksican Sunflower. Dibandingkan dua varietas diatas, ukuran bunga Fiesta Del Sol jauh lebih kecil yaitu sekitar 5-8 cm diameternya. Warna kelopak bunganya pun berbeda, yaitu berwarna oranye. Daun dan batangnya berukuran kecil, panjang daunnya hanya sekitar 4 cm. Tanaman ini tumbuh dengan rimbun dengan percabangan yang banyak, hal itu berbeda dengan kebanyakan jenis bunga matahari yang pertumbuhannya ke atas tanpa percabangan. Fiesta Del Sol selain digunakan sebagai tanaman penghias taman, bagus juga lho untuk ditanam didalam pot yang ditaruh dimeja halaman rumah anda.

Bunga Matahari Tedy Bear

Jenis bunga matahari ini dijuluki dengan nama Tedy Bear dikarenakan kelopak bunganya yang rimbun dan lembut seperti bulu beruang. Bentuk kelopak bunganya memang sangat unik dan menjadi keindahan tersendiri. Jika anda memiliki halaman yang terbatas sehingga tidak terdapat cukup ruang untuk menanam bunga mathaari berukuran raksasa, varietas ini mungkin menjadi pilihan yang tepat. Ia merupakan tanaman yang pendek dan rimbun dengan bunga berwarna kuning keemasan yang akan muncul pada pertengahan musim kemarau.

Ukuran bunganya yang berdiameter 16 cm dianggap begitu pas sebagai untuk tanaman bunga penghias halaman rumah. Ukuran tanaman dewasanya setinggi 90 cm, tetapi jika menurut anda ukuran segitu terlalu tinggi, anda masih bisa memangkasnya dan ia tetap akan berbunga dengan lebat. Perawatan varietas ini juga tidak sulit, yang penting tanahnya tidak lembap dan mendapatkan sinar matahari penuh. Akar berbunga lebih lebat, berikan juga pupuk kompos setiap 3 – 6 bulan sekali.

Bunga Matahari Big Smile

Big Smile merupakan jenis bunga matahari yang berukuran kecil sehingga cocok untuk ditanam di pot. Tingginya hanya sekitar 20 cm saja dengan ukuran bunga berdiameter sekitar 5 cm. Dalam 1 pohon hanya memiliki 1 batang dan 1 bunga saja, ia tidak memiliki percabangan ranting. Oleh karena itu, jika ditanam di tanah lapang sebaiknya ditanam secara berkelompok. Sayangnya, tanaman ini hanya bisa hidup pada musim panas, saat memasuki musim hujan biasanya ia akan mati karena kekurangan sinar matahari.