Categories: Tanaman

Aneka Jenis Bunga Begonia dan Gambarnya

Begonia merupakan jenis bunga yang cukup populer di Indonesia untuk dijadikan penghias rumah. Begonia sendiri dalam taksonomi tumbuhan merupakan sebuah genus yang terdiri dari 1.500 spesies. Banyaknya spesies yang ada membuat keanekaragaman jenis bunga begonia begitu beragam. Nah, pada artikel kali ini saya akan mencoba mengulas beberapa jenis yang paling populer dan indah.

Aneka Jenis Bunga Begonia Terpopuler

Terdapat beragam aneka jenis bunga begonia karena kemelimpahan spesies yang dimilikinya. Memang, tidak semuanya memiliki tampilan yang dianggap menarik untuk dijadikan tanaman hias. Banyak juga yang hanya sekedar menjadi tanaman liar yang hidup di alam. Walau begitu, tidak bisa dipungkiri jika terdapat aneka jenis bunga begonia yang sangat menarik. Tanaman tersebut sangat cocok untuk ditanam di rumah anda untuk memperindah tampilannya.

Bagi anda yang tertarik untuk menanam tanaman hias ini di rumah, semestinya anda perlu mengetahui jenis begonia apa saja yang memiliki tampilan indah dan populer di masyarakat. Saya akan mencoba mengulas beberapa jenis bunga begonia terpopuler di tahun 2021 ini.

1. Begonia Rex

Bisa dibilang Begonia Rex menjadi varietas Begonia yang paling populer untuk saat ini. Daya tarik utamanya terdapat pada warna daunnya yang memiliki pola dan warna yang indah. Perpaduan pola dan warna yang dimilikinya membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Adanya bunga berukuran kecil berwarna pink juga menambah daya tarik tanaman ini.

2. Begonia Semperflorens

Jenis Begonia ini memiliki daya tarik utama pada bunganya yang tumbuh dengan rapat. Bunganya ada yang berwarna merah, putih dan pink. Dipadu dengan warna daunnya yang hijau tetua membuat tanaman Begonia semperflorens terlihat begitu indah.

Jenis bunga begonia ini termasuk ke dalam kelompok begonia lilin yang memiliki akar berserat. Dikarenakan waktu pembungaannya yang relatif cepat dan tumbuh cukup rapat membuatnya cocok untuk ditanam pada pot kecil. Anda juga bisa menjadikannya tanaman latar yang ditanam di halaman anda sehingga membuat tampilan anda terlihat semakin istimewa. Begonia semperflorens membutuhkan paparan sinar matahari cukup banyak untuk bisa mempertahankan pertumbuhan bunganya dengan baik.

3. Begonia Dusty Rose

Jenis bunga begonia ini terlihat begitu indah dan dianggap memiliki kecantikan yang sebanding dengan mawar (rose). Begonia dusty rose merupakan hasil persilangan dari tanaman begonia dengan tuberhybrida. Tanaman ini memiliki bunga berwarna merah muda dan akan mekar di bagian ujung batangnya. Daunnya sukulen, berbentuk hati dan akan terus berwarna hijau sepanjang tahunnya. Bagi anda yang ingin memelihara jenis bunga ini, taruhlah di tempat yang sejuk tetapi terpapar sinar matahari pagi atau sore.

4. Mocca Yellow Begonia

Jenis bunga begonia ini juga merupakan hasil persilangan dari tanaman begonia dengan tuberhybrida. Warna bunganya yang kuning mencolok membuatnya terlihat begitu indah. Tanaman ini membutuhkan cahaya, air dan pupuk dalam jumlah sedang. Menaruh Mocca Yellow Begonia di pot berukuran lebar bisa di pelataran rumah anda akan memberikan kesan ceria bagi rumah anda.

5.Begonia Lois Burke

Jenis bunga begonia ini cocok bagi anda yang ingin melihat tanaman peliharaannya berbunga selama setahun penuh. Memiliki bunga berwarna merah yang tumbuh secara rapat dan daun berukuran besar memanjang membuat Begonia Loise Burke memiliki keunikan tersendiri.

Related Post

Tanaman ini berasal dari Amerika Serikat sehingga terkadang kurang cocok ditanam di sebagian wilayah Indonesia. Begonia Lois Burke hanya bisa tumbuh dengan baik ketika ditanam di daerah dataran tinggi Indonesia yang memiliki hawa sejuk. Walau begitu, ia tetap membutuhkan paparan sinar matahari dalam jumlah cukup.

6. Begonia Sayap Malaikat

Jenis bunga begonia ini sangat cocok bagi anda yang sibuk bekerja setiap harinya. Hal ini dikarenakan perawatannya yang mudah, sehingga anda hanya perlu sesekali untuk merawatnya. Menyiraminya di pagi hari saat akan berangkat kerja sudah cukup membuat tanaman ini dengan baik.

Tanaman yang berasal dari Brazil ini, memiliki batang yang tumbuh dengan dan daun yang memanjang dan berbintik-bintik. Begonia sayap malaikat juga memiliki tampilan bunga yang cukup menarik. Bunganya berwarna merah muda dan dapat tumbuh dengan cukup rapat.

7. Sutherland Begonia

Sutherland Begonia dapat memberikan kesan hangat dan teduh pada pekarangan anda. Hal itu dikarenakan jenis bunga begonia ini memiliki warna bunga yang berwarna orange pekat. Tanaman ini tumbuh merambat sehingga cocok ditanam di pot gantung ataupun sebagai tanaman latar.

Perawatannya juga sangat mudah, tetapi bunga hanya tumbuh ketika memasuki musim hujan dan jika ditanam di daerah dataran tinggi. Seringkali, ketika ditanam di daerah dataran rendah Indonesia yang panas, tanaman ini tidak mau menghasilkan bunga.

Perawatan

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengetahui bagaimana kebutuhan jenis bunga begonia yang akan dipelihara. Hal itu dikarenakan tidak semua varietas memiliki kebutuhan akan kondisi lingkungan yang sama. Misalnya saja Begonia Lois Burke yang berasal dari Amerika membutuhkan kelembaban tinggi (kondisi sejuk). Hal itu berbeda dengan Begonia semperflorens yang justru membutuhkan banyak paparan sinar matahari.

Untuk masalah media tanamnya, semua jenis bunga begonia menyukai ditanam pada tanah yang lembab. Tambahkan pupuk organik pada media tanam yang anda gunakan setiap bulan sekali. Penambahan pupuk organik ini akan menjamin ketersediaan nutrisi bagi tanaman yang anda pelihara. Anda bisa memberikan pupuk kompos atau pupuk organik cair untuk kebutuhan nutrisi tanaman begonia anda.

Hal sedikit berbeda terjadi pada Begonia Rex atau varietas lain yang mengutamakan daun sebagai daya tarik utamanya. Dibutuhkan pupuk dengan kandungan nitrogen tinggi agar bisa menjaga tampilan daunnya tetap indah. Oleh sebab itu, pemberian pupuk organik saja dinilai kurang cukup sehingga perlu ditambahkan pupuk urea dalam jumlah yang pas.

Penyiraman aneka jenis bunga begonia yang anda tanam secara teratur penting untuk menjaga kesehatannya. Tanah yang menjadi media tanamnya perlu lembab setiap saat, tetapi anda tidak boleh menyiramnya terlalu banyak sehingga terdapat genangan air. Genangan air yang terdapat pada media tanam dapat menyebabkan terjadinya pembusukan akibat pertumbuhan jamur patogen.