Bonsai Terkecil di Dunia

Bonsai dikenal karena ukurannya yang kecil, tetapi upaya untuk mengecilkan pohon ini kadang-kadang dibawa sampai situasi yang sangat ekstrem. Hasilnya adalah pohon yang super kecil yang sering disebut Mame Bonsai, Shohin atau Mini Bonsai. Dalam artikel ini kami menampilkan Bonsai Terkecil di Dunia dan Gambarnya.

Daftar Bonsai Terkecil di Dunia

Walaupun berukuran kecil, bonsai mame bukanlah tidak memiliki nilai seni. Kreatifitas seniman yang membuatnya tetap dapat dicurahkan ke dalam bonsai yang ia buat sehingga walaupun kecil tetap terlihat indah.  Berikut ini akan saya sajikan daftar bonsai terkecil di dunia yang saya dapatkan dari berbagai sumber :

Bonsai Terkecil, Acer Momiji

Ini adalah pohon Bonsai terkecil yang saya tahu, yang masuk ke dalam daftar Guinness Record. Bonsai terkecil tersebut di dunia adalah Acer Momiji. Apakan anda berniat menyainginya untuk membuat yang lebih kecil lagi? Tentu hal tersebut akan sangat sulit dilakukan karena tinggi pohon ini dengan pot adalah hanya sekitar 2 cm saja.

Walaupun ukurannya sangat kecil, bentuk bonsai ini relatif cukup baik sehingga terlihat seperti pohon normal pada umumnya. Bentuk tanaman ini tidaklah seperti kecambah yang memiliki beberapa daun saja. Ia telah memiliki daun yang cukup lebat sehingga sudah bisa merepresentasikan sebuah bonsai berkualitas cukup baik.

A Tiny Little Bonsai Tree, oleh Eric Sin

Tanaman buah dalam pot atau tambulapot dapat dibuat ke dalam ukuran ekstrim kecilnya. Salah satunya adalah pohon cerry milik Erik Sin dari Cina. Pohon cerry dengan ukuran tak lebih dari 5 cm dapat dibuatnya untuk mengeluarkan beberapa buah yang dapat dimakan. Hal itu menjadikan pohon cery milik Eriik Sin ini sebagai bonsai berbuah terkecil di dunia.

Shohin Crabapple oleh Katsumi Komiya

Pohon Bonsai Crabapple yang berbuah, ukuran sangat kecil (disebut Shohin). Bonsai yang dimiliki oleh Katsumi Komiya dari jepang ini terlihat sangat serasi dengan kombinasi potnya yang berwarna biru muda. Buah Crabapple tumbuh dengan cukup lebat pada tanaman ini sehingga membuatnya terlihat begitu indah. Diperlukan usaha yang cukup sulit lho, agar bisa membuat buah muncul dengan lebat pada tanaman yang berukuran tak lebih dari 10 cm ini.

Bonsai Ulmus Terkecil oleh Christian de Ross

Ulmus parvifolia atau umum disebut sebagai Cina Elm merupakan spesies tanaman yang banyak terdapat di Asia Timur. Dihabitat aslinya ia bisa tumbuh hingga ketinggian 20 meter dan tidak disangka seorang seniman dari Denmark bernama Christian de Ross berhasil membuatnya dengan ukuran ekstrim kecil yaitu tak lebih dari 10 cm. Walau berukuran kurang dari 1/100 yang ada di habitat aslinya, tetapi secara morfologi bonsai kecil ini sudah sangat mirip seperti yang ada di alam. Tampilan tanaman ini sudah sangat bagus menurut saya dan layak untuk ditiru.

Pohon Firethorn Mini, oleh 盆栽 鉢 春 嘉

Bonsai Firethorn (Pyracantha) yang indah. Kombinasi warna buah yang merah serta daun kehijauan membuat bonsai mini ini sangat menarik walau ukurannya yang kecil. Untuk bisa menghasilkan tanaman ini, ternyata diperlukan waktu yang tidak singkat lho.  Pembuatan bonsai ini menghabiskan waktu lebih dari 5 tahun dan hasilnya memang bisa membuat kita terkagum-kagum. Walau ukuran bonsai ini sangat kecil, tetapi sang seniman dapat membuatnya untuk berbuat sangat lebat.

Bonsai Maple Terkecil, oleh Morten Albek

Komposisi unik dari pot dan pohon; Bonsai Maple yang indah. Oleh: Morten Albek. Walau terlihat cukup sederhana, bonsai ini sangatlah indah untuk dijadikan hiasan rumah anda. Bentuk dan ukuran bonsai Maple ini relatif masih bisa kita tiru jika mendapatkan bakalan yang cukup bagus.

Bonsai Bunga Mame, oleh 盆栽 鉢 春 嘉.

Walau berukuran kecil, bonsai ini sudah bisa memiliki bunga yang cukup lebat lho. Perpaduan antara bunga, batang dan daun yang dimiliki olehnya terliat cukup padu.

Bonsai Mini, oleh Jemmy Liauw

Jemmy Liauw dari Taiwan membuat sebuah bonsai berukuran kecil yang ditempatkannya di sebuah batu. Terlepas dari ukurannya yang menjadikannya salah satu bonsai terkecil, bonsai ini telah mempunyai tampilan seperti pohon di alam.

Bonsai Pohon Juniper mini, oleh Morten Albek

Walau memiliki tinggi hanya sekitar 10 cm, bonsai juniper yang dibuat oleh Mortin Albek ini memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Lihatlah lekukan batang tanaman ini, sangat menawan bukan ?

Pohon Juniper Shohin, oleh Morten Albek

Bonsai juniper ini juga merupakan hasil karya Morten Albek dari Denmark. Bonsai ini merupakan yang terkecil yang pernah dibuatnya. Lekukan batang menjadi salah satu hal yang ditonjolkan dari tanaman ini.

Bagaimana? dari ke 10 bonsai terkecil di dunia ini bagus semua bukan? Walau begitu jika anda ingin memiliki bonsai yang seperti ini anda perlu kedisiplinan ekstra dalam merawatnya dikarenakan membuat bonsai super mini ini lebih sulit dari yang biasa.