Categories: Koleksi

Jenis Batu Safir Termahal

Safir merupakan mineral batu corundum yang memiliki warna selain pink dan merah. Tersedia berbagai jenis batu safir diantaranya yellow safir, orange safir, paparacha , black safir, blue safir, green safir, white safir dan purple safir. Dari berbagai jenis batu safir diatas manakah yang termahal? Mari kita simak dari data berikut ini.

Jenis Batu Safir Termahal

Dari data yang saya dapatkan, ternyata jenis batu safir termahal adalah yang berwarna biru pekat yang berasal dari Kashmir, Burma dan Ceylon. Jenis batu ini memang banyak diidam-idamkan lebih daripada warna lain yang ditemukan di Safir. Hanya Berlian dan Ruby yang pernah mencapai harga penjualan lebih tinggi dari safir.

Jenis Safir berharga mahal lainnya ada paparacha, sebua safir berwarna orange kemerahan yang sangat langka. Jenis safir lain yang juga banyak dicari dan memiliki harga jual yang tinggi adalah color changing safir. Ia dapat menampilkan warna yang berbeda tergantung dari pencahayaan yang mengenainya. Saat terkena cahaya putih ia akan berwarna biru, tetapi saat terkena cahaya yang berwarna kuning, ia akan terlihat keunguan.

Berikut akan saya lampirkan beberapa batu safir termahal yang pernah terjual.

Blue Belle of Asia – Batu Safir Termahal di Dunia

Batu yang diberi nama Blue Belle of Asia merupakan batu safir paling mahal yang pernah terjual didunia. Batu permata ini terjual dengan harga US$ 17.305.996 di Christie’s Geneva pada November 2014. Saat dijual, ia lebih mahal hingga dua kali lipat dari safir yang memegang rekor sebelumnya.

Batu blue yang berasal dari Sri Langka ini memiliki berat 392,52 carat, berbentuk kotak dengan warna biru yang sangat pekat. Ia diyakini sebagai salah satu batu blue safir terbesar, tepatnya urutan keempat terbesar di dunia. Selain berukuran besar ia mempunyai warna yang indah dan kebeningan yang luar biasa, menjadikannya sebagai salah satu safir Ceylon terbaik di dunia.

Safir Richelieu

Batu blue safir dengan warna yang menakjubkan ini dikenal dengan nama safir Richelieu. Ia muncul di pelelangan Sotheby’s Geneva pada 13 November 2013. Sebelum dilelang batu ini memang telah diprediksi akan mencetak rekor dunia baru.

Related Post

Prediksinya ternyata terbukti, harga jual sebesar $8,3 juta mengalahkan rekor safir sebelumnya. Batu blue safir yang berasal dari Kashmir ini memang terlihat sunggu menawan. Dengan warna biru yang pekat, cutting yang sesuai serta ukuran yang ideal membuatnya menjadi sepasang batu safir terbaik yang pernah dilelang. Saat artikel ini ditulis, Richelieu merupakan anting batu permata termahal yang pernah dijual.

Cincin Blue Safir Sensasional dari Khasmir

Walau berharga sangat mahal, batu blue safir yang berasal dari Kashmir ini belum diberi nama khusus. Batu ini memiliki warna Royal Blue yang sangat menawan. Cincin ini terjual di Chritie’s Geneva pada 13 Mei 2015 dengan harga US$7.5 juta atau sekitar 104 Milyar Rupiah.

Batu safir ini memiliki ukuran seberat 35 carat dan banyak yang menggapnya sebagai batu safir Khasmir terbaik yang pernah ada, walaupun ia bukanlah yang termahal. Sayangnya, dari segi model cincinnya ia kurang menarik sehingga alangkah baiknya jika sang pemilik mau mengganti model cincin dengan yang lain supaya terlihat lebih elegan.

Blue Safir Loosestone Termahal

Walau masih dalam bentuk loose stone, batu safir seberat 114,73 carat ini terjual dengan harga sangat mahal yaitu US $7,1 juta. Harga tersebut jauh diatas estimasi harga batu ini sebelum lelang. Ia merupakan batu safir loosestone termahal yang pernah di bayarkan sekaligus sebagai safir burma termahal yang pernah terjual. Hal itu menjadi wajar karena kualitas batu permata berukuran besar ini sangat mempesona. Hal itulah yang menyebabkan pemiliknya hingga saat ini belum menentukan akan dibuat perhiasan apakah batu ini.

Bross Antik Blue Safir Birma

Blue Safir Birma seberat 130,5 carat ini pernah memecahkan rekor dunia pada saat dijual di tahun 2011. Ia terjual seharga US$ 7,1 juta atau dirupiahkan sekitar 99,4 Milyar rupiah. Menurut laporan Gemologi yang mengamatinya, ia terbukti tidak pernah diberi threatment dan memiliki warna alami Royal Blue. Ukuran dan kejernihan batu ini juga sangat mengesankan.

The Jewel of Kashmir

Cincin blue safir yang dijuluki The Jewel of Kashmir ini memang terlihat sangat menawan. Dengan berat 27.68 carat, ia terjual dengan harga 6,7 juta dollar Amerika di Sotheby’s Hong Kong Magnificent Jewels and Jadeite Autumn Sale pada Mei 2015. Menurut para pengamat batu permata, safir ini memiliki warna yang sangat menarik. Warna biru tua dengan kejernihan yang luar biasa, menjadikannya memiliki kualitas yang sesuai dengan harganya. Menurut laporan SSEF, batu ini tidak mengalami threatment apapun.

28,17 Carat Blue Safir Khasmir yang Menakjubkan

Cincin safir seberat 28,17 carat yang dikelilingi berlian ini terjual seharga 5 juta dollar di NYC Sotheby pada bulan April 2014. Harga itu setara dengan 180 ribu dollar per caratnya, membuatnya menjadi jenis batu safir dengan harga per carat termahal. Menurut American Gemological Laboratories, warna biru tua yang spektakuler yang dimiliki batu ini bukanlah hasil dari threatment apapun.

Kalung Safir Sri Langka yang Mempesona

Salah satu batu safir paling indah dari Sri Langka menjadi pusat perhatian pada saat di lelang di Sotheby Hong Kong, April 2014. Batu safir ceylon seberat 102,61 carat ini dikelilingi oleh berlian yang dicutting dengan sangat presisi menghasilkan kemilau yang mempesona. Batu ini terjual seharga 4,2 juta dollar di akhir lelang. Menurut laporan AGL, batu ini tidak memiliki indikasi threatment apapun.