Batu Pandan Termahal

Batu pandan merupakan batu akik yang menjadi ciri khas orang betawi. Batu pandan secara ilmiah merupakan jenis Chalcedony yang memiliki sisik, sisiknya ini pun sebenarnya bukan terjadi secara alami di alam. Tetapi merupakan hasil dari treatment panas sehingga membuat tekstur di dalam batu mengalami perubahan.

Pandan Sintetik

Di Indonesia terdapat berbagai jenis batu pandan, salah satu yang memiliki harga cukup mahal adalah pandan suji. Tetapi tahukah anda bahwa suji ternyata bukan merupakan batu alam? Ternyata setelah dilakukan penelitian yang mendalam terkuat bahwa batu suji ini ternyata adalah limbah pabrik kaca!

Salah satu lab yang telah melakukan penelitian mengenai hal ini adalah GRI. Dari pengamatan yang telah dilakukan, terungkap bahwa struktur bebatuan ini tidak terjadi secara alami dan kandungan senyawa kimia di dalamnya juga sama dengan yang ada di kaca. Sehingga wajar saja hingga saat ini tidak ada lab yang berani mengeluarkan hasil yang mengatakan bahwa pandan suji merupakan batu natural. Semua lab gemstone yang pernah menguji suji secara kompak menyatakan bahwa batu ini adalah man made alias buatan manusia. Sehingga saya sarankan kepada anda untuk tidak usah membeli batu yang disebut dengan pandan suji ini, karena itu hanyalah kaca sehingga tidak memiliki nilai yang berharga.

Jenis Batu Pandan Termahal di Indonesia

Sampai saat ini ada dua jenis batu pandan termahal yang dijual belikan di Indonesia. Keduanya adalah jenis pandan merah dan pandan lumut.

Batu Pandan Merah

Sesuai dengan namanya, jenis batu ini memiliki warna merah. Semakin merah warnanya maka harganya pun semakin mahal. Sampai saat ini, jenis ini merupakan yang paling banyak dicari oleh para pecinta batu. Memakai batu pandan yang berwarna merah memberikan kebanggaan tersendiri bagi orang betawi. Walau begitu sebenarnya ia bukan merupakan jenis batu pandan termahal karena masih kalah dari segi harga jika dibandingkan dengan pandan lumut.

Hal yang mempengaruhi tingkat kemahalan dari batu pandan merah adalah sisik, warna dan ukuran. Semakin banyak, halus dan rapi sisiknya maka akan semakin mahal harganya. Begitupula dengan ukuran, ukuran yang besar akan dihargai lebih mahal. Walau begitu, biasanya yang paling dicari adalah yang memiliki panjang antara 40 – 50 cm. Lebih dari itu biasanya orang akan merasa aneh dan tidak nyaman untuk memakainya.

Batu pandan merah harganya sekitar 300 hingga 1 juta rupiah per bijinya tergantung dari 3 faktor tadi. Walau begitu antara pedagang satu dan lainnya bisa memiliki harga jual dengan selisih yang agak jauh. Menurut sepengetahuan saya, Lulu Shop di Bukalapak merupakan pedagang jenis batu pandan merah termurah yang ada di Indonesia. Anda bisa mendapatkan pandan dengan harga 75% lebih murah daripada harga rata-rata di pasaran.

Batu Pandan Lumut

Jenis batu pandan ini menjadi termahal dikarenakan kelangkaannya. Hal ini dikarenakan ia tidak terdapat secara alami di alam tetapi membutuhkan proses untuk dijemur secara rutin. Batu pandan lumut memiliki warna abu-abu dan ada yang kehitaman. Semakin gelap warnanya maka harganya semakin mahal dikarenakan membutuh proses perawatan yang semakin lama.

Saat ini batu pandan lumut yang bekualitas, harganya masih diatas 1 juta rupiah dan bahkan masih banyak yang dijual diatas 20 jutaan. Para penggemar akik pandan biasanya merasa koleksinya tidak lengkap bila belum memiliki batu pandan lumut ini.

Anda perlu berhati-hati jika ingin membeli pandan lumut ini dikarenakan banyak seller nakal yang memberikan senyawa kimia tertentu supaya batunya dapat cepat menghitam. Salah satunya adalah dengan cara mencelupnya kedalam apotas, sayangnya hasil treatment dengan mencelup kedalam apotas ini tidak perma