Batu Pandan Lumut

Batu pandan lumut merupakan batu calcedon besisik yang berwarna mulai dari semu abu-abu, abu-abu hingga kehitaman seperti warna cincau. Warna abu-abu ini dihasilkan dari adanya kandungan tembaga yang ada didalamnya. Oleh karena itu banyak yang menganggap bahwa dengan menggunakan ring tembaga dapat membuat batu pandan menjadi semakin berwarna keabu-abuan. Hal itu memang tidak salah tetapi perlakuan seperti itu membutuhkan waktu yang sangat lama. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membehas secara lengkap mengenai jenis, harga dan treatment batu satu ini.

Batu Pandan Lumut Termahal

Hingga saat ini batu pandan lumut merupakan jenis batu pandan termahal. Harganya yang mahal dikarenakan batu ini jumlahnya masih sangat terbatas di pasaran. Selain karena kelangkaannya, penyebab lainnya adalah dikarenakan tinggi peminat dari batu ini. Banyak kolektor batu akik khususnya orang betawi yang menganggap hidupnya belum lengkap jika belum memiliki batu ini.

Batu pandan lumut yang termahal adalah yang memiliki warna yang mendekati warna cincau, memiliki sisik yag rapi, batunya kristal, bebas dari sule dan ukurannya ideal. Jika batunya telah memiliki 5 kriteria diatas biasanya memiliki harga diatas 2 juta rupiah. Bahkan tak jarang, jika batunya pernah menjuarai kontes, harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Hanya saja, untuk mendapatkan 5 kriteria diatas sekaligus tidaklah mudah. Mencari batu pandan yang memiliki sisik yang rapi dan kristal tidaklah mudah dan murah. Kebanyakan batu pandan yang ada dipasarannya sisiknya serampangan. Untuk merapikan sisik ini banyak pemilik batu pandan yang menjemur batunya di terik matahari. Konon pandan yang dijemur ditengah terik matahari sisiknya akan menjadi semakin rapi.

Sule juga merupakan masalah yang sering terjadi di batu pandan, sule tidak dapat dihilangkan dengan treatment. Tetapi sule dapat dihindari pada saat pengolahan bahan untuk digosok menjadi batu cincin. Tukang gosok batu harus berhati-hati untuk menghindari adanya sule yang terdapat di bahan. Hal itu tidaklah mudah, apalagi jika untuk mendapatkan sebuat batu pandan yang bebas sule dengan ukuran ideal. Perlu diketahui ukuran pandan ideal adalah yang memiliki panjang 35 hingga 45 mm dengan lebar antara 12 hingga 15 mm.

Secara alami warna bahan pandan lumut tidak ada yang berwarna seperti cincau. Batu yang memiliki warna seperti ini biasanya dihasilkan dari proses treatment. Proses treatment yang paling mudah adalah dengan menggunakan ring yang terbuat dari tembaga, biasanya dalam beberapa tahun akan ada perubahan warna yang terlihat. Ada juga yang melakukan treatment dengan menambah tinda kedalam batu, walaupun treatment yang seperti ini tidak dapat dibenarkan.

Jenis

Terdapat 3 jenis batu pandan lumut yang ada di pasaran, pengelompokkannya didasarkan dari warna yang dimilikinya.

Batu Pandan Semi Lumut

Jenis pandan ini warnanya masih semu putih. Komposisi warna putihnya lebih dominan dari pada warna abu-abu yang ada pada batu ini. Biasanya jenis ini merupakan bahan galian baru sehingga belum ada proses menjadi warna abu-abu. Bisa juga dari jenis batu pandan kapas yang diberi treatment sehingga ada perubahan warna.

Batu Pandan Lumut Standar

Jenis pandan ini memiliki komposisi warna abu-abu yang lebih dominan. Warna seperti terkadang hadir secara alami di alam, walaupun kebanyakan juga merupakan hasil treatment dari bahan pandan kapas atau semi lumut.

Batu Pandan Lumut Cincau

Jenis batu ini warna abu-abunya telah berubah menjadi semakin gelap sehingga terlihat seperti warna cincau. Jenis ini jumlahnya masih sangat jarang ada di pasaran, penyebabnya karena warna ini tidak ada secara alami di alam dan masih sangat jarang orang yang mengetahui cara treatment untuk mendapatkan warna seperti ini.

Harga Batu pandan lumut

Harga batu pandan lumut bervariasi tergantung kualitasnya. Batu yang memiliki warna semi lumut dengan sisik yang kurang rapi dan sule harganya sangat murah. Tetapi jika batu tersebut memiliki warna cincau, sisik rapi, tanpa sule dan ukuran pas harganya mencapai jutaan rupiah. Untuk kualitas standar dengan warna abu-abu, sisik yang lumayan rapi dan ukuran ideal, harganya sekitar 250 ribu rupiah.

Treatment

Treatment perlu dilakukan untuk mendapatkan warna batu pandan lumut yang semakin mendekati warna cincau. Seperti yang telah saya jelaskan diatas, warna abu-abu yang ada di batu ini diakibatkan adanya kandungan tembaga yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, treatment dilakukan untuk membuat mineral tembaga dapat masuk kedalam batu. Treatment yang paling dasar adalah dengan memasang batu pandan anda pada ring tembaga. Ada juga yang mengatakan setelah dipasang ke ring tembaga, batu pandan tersebut perlu dijemur. Sayangnya, proses yang terjadi membutuhkan waktu yang sangat lama sehingga akan menghabiskan waktu anda.

Salah satu treatment yang dapat dilakukan untuk menghasilkan batu pandan lumut secara cepat adalah dengan menggunakan larutan HCL dan Tembaga Murni. Caranya dengan sediakan larutan HCL dengan kandungan minimal 50%. Kemudian, masukkan batu pandan dan logam tembaga murni ke larutan HCL tersebut. Tembaga yang dibutuhkan ini minimal seberat batu pandan yang akan di treatment, jika jumlahnya terlalu sedikit maka proses treatment tidak akan berlangsung maksimal.