Apa Itu Psikologi ?

psikologiMungkin diantara kalian masih ada yang kurang mengerti tentang apa itu Psikologi. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pemikiran dan emosi manusia memang ilmu yang cukup kompleks. Terkait banyaknya issue mental health belakangan ini, membuat ilmu satu ini sangat berguna bagi kehidupan sehari hari. Berikut kami ulas sedikit rangkuman informasi tentang apa itu psikologi yang harus anda tahu.

Sekilas Informasi Tentang Psikologi

Psikologi secara garis besar adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia. Mulai dari mempelajari sifat dan perilaku, sikap, hingga kesehatan mental. Ilmu satu ini berguna untuk melakukan deteksi awal bila ada gangguan pada kesehatan mental seseorang, dan juga bisa digunakan untuk melakukan treatment pada orang yang sudah mempunyai masalah mental.

Tak jarang juga kesehatan mental seseorang akan berhubungan dengan kesehatan fisiknya. Hal ini karena pola pikir seseorang akan mempengaruhi sebagian besar pola fisiknya dalam melakukan aktifitas sehari harinya. Oleh karena itu, ilmu psikologi ini umum untuk dipahami oleh banyak sektor kedokteran.

Salah satu manfaat dalam mempelajari ilmu psikologi untuk kehidupan sehari hari adalah bahwa kita akan lebih memahami diri sendiri dan akan lebih memahami pola pikir orang lain. Sehingga akan menciptakan sebuah tenggang rasa pada sesama dan akan dapat mengendalikan emosi yang berlebihan.

Dapat disadari bahwa issue tentang mental health saat ini memang cenderung semakin banyak. Selain karena kurangnya perhatian dari banyak pihak terkait, kurangnya kesadaran tentang apa itu psikologi juga menjadi salah satu faktor mengapa banyak kasus yang kurang tertangani dengan baik. Berikut beberapa jenis psikologi umum yang bisa anda tahu.

Perbedaan Psikolog dan Psikiater

Banyak yang masih mengira bahwa psikolog sama dengan psikiaer, padahal keduanya memiliki beberapa perbedaan.

1. Dari Sisi Pengobatan

Bila dibedakan menurut cara pengobatannya, hal paling mendasar yang membedakan antara psikolog dan psikiater adalah bahwa seorang psikiater bisa memberikan resep obat pada pasien. Seorang psikiater bisa melakukan metode pengobatan psikologi dengan jalur medis atau meresepkan obat obat tertentu.

Berbeda dengan seorang psikiater yang membuat resep obat, pengobatan seorang psikolog lebih kearah treatment atau psikoterapi. Berbagai cara terapi ini bisa dilakukan untuk merawat gangguan emosional pada pasien. Psikolog juga bisa merekomendasikan jenis terapi terapi tertentu pada pasiennya sesuai kebutuhan.

2. Dari Sisi Pendidikan

Salah satu hal lainnya yang membedakan antara dua profesi ini adalah latar belakang pendidikan yang ditempuh. Seorang psikiater selain mendalami ilmu psikologi juga akan mempelajari tentang ilmu kedokteran. Oleh karena itulah seorang psikiater akan lebih condong melakukan pengobatan secara medis pada pasiennya.

Setelah menyelesaikan kuliah kedokterannya, maka calon psikiater akan mengikuti praktik kerja di rumah sakit terlebih dahulu untuk memahami apa itu psikologi khususnya di bidang psikiatri selama kurang lebih empat tahun. Hal ini bertujuan untuk melatih kemampuan psikiater dalam mendiagnosis gangguan mental pasien secara langsung.

Berbeda dengan seorang psikiater, seorang psikolog memang tidak diharuskan untuk menempuh pendidikan kedokteran. Seorang psikolog akan lebih mendalami terkait pendidikan psikologi selama empat tahun masa kuliah. Selama masa pascasarjana pun sama, mempelajari mendalam dan praktek lapang yang menambah pengalaman.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, seorang calon psikolog juga perlu melakukan magang selama satu sampai dua tahun lamanya. Praktik magang yang dilakukan akan diawasi langsung oleh tenaga profesional kesehatan sampai mendapatkan lisensi saat lulus dari program magang tersebut.

3. Dari Sisi Praktik Kerja

Kedua profesi ini, yaitu psikiater dan psikolog, memang sering bekerja sama dalam satu rumah sakit. Bila Psikiater bertugas membuat analisis diagnosis awal, maka psikolog akan memberikan rekomendasi pengobatan terapi yang tepat atau bahkan melakukan konseling. Dengan ini maka kedua profesi ini sebenarnya saling berkaitan.

Apa itu psikologi yang ditangani oleh Psikiater ? Pada dasarnya psikiater akan menangani pasien yang membutuhkan penanganan medis. Sebagai contoh seperti pasien dengan kondisi depresi berat, gangguan bipolar hingga skizofrenia. Beberapa pasien depresi akut yang cenderung menyakiti diri sendiri atau mencoba bunuh diri juga salah satu yang ditangani oleh psikiater.

Sedangkan untuk seorang psikolog akan cenderung menangani pasien dengan kondisi yang dapat dibantu dengan perawatan secara psikologis. Sebagai contoh seperti pasien dengan kondisi gangguan perilaku, mengalami kesulitan belajar, mengalami depresi, hingga gangguan kecemasan.

Jenis Ilmu Psikologi Paling Umum

Psikologi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya :

1. Psikologi Umum

Jenis psikologi satu ini bisa dikatakan ilmu dasar dari teori psikologi lainnya. Untuk menemukan teori psikologi yang dapat diterapkan, maka perlu dilakukan sebuah penelitian. Jenis ilmu ini akan memberi anda gambaran terkait metode penelitian yang akan dipakai, memilih responden, menggunakan alat pengukuran psikologi dan lainnya.

Pengetahuan psikologi dasar inilah yang nantinya akan membuat lahirnya teori psikologi yang saat ini dikenal dunia. Terdapat sekitar 13 teori terkait kepribadian manusia yang dikenal. Beberapa tokoh di bidang ilmu psikologi yang terkenal antara lain seperti Sigmund Freud yang terkenal dengan Teori Psikoanalisis Klasiknya.

2. Psikologi Klinis

Apa itu psikologi klinis? Jenis psikologi klinis ini akan membuat anda mendalami tentang perilaku manusia dengan lebih mendalam. Dalam beberapa kasus seorang psikolog klinis akan menangani kasus psikologi ringan seperti krisis kepercayaan diri pada seseorang hingga kasus berat seperti perilaku psikopat.

Bila anda ingin menjadi seorang psikolog klinis maka anda harus menempuh pendidikan paling tidak sampai ke jenjang S2 profesi. Setelah itu masih ada tahapan lain untuk menjadi psikolog klinis yaitu mengikuti sidang profesi yang diadakan oleh Himpunan Psikologi Indonesia atau HIMPSI.

3. Psikologi Perkembangan

Jenis ilmu psikologi yang selanjutnya adalah psikologi perkembangan. Ilmu ini akan mengkhususkan dalam pengkajian psikologi seseorang melalui perkembangan hidupnya. Mengamati perkembangan seseorang dari mulai anak anak, remaja, pola pendidikan anak, pola pergaulan sosial dan masih banyak lainnya.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pola pembentukan mental sejak dini. Karena mental yang terbentuk oleh manusia akan berkembang juga seiring bertambahnya usia dan banyak hal yang dilalui. Tentu pembahasan dan penelitian psikologi satu ini akan sangat menarik, karena akan menemukan tahapan perkembangan psikologi yang tak terduga.

4. Psikologi Pendidikan

Mengusung pola yang hampir mirip dengan psikologi perkembangan, psikologi pendidikan juga akan mengamati dan memahami pola pikir seseorang berdasarkan pola perkembangannya. Tetapi satu hal yang membedakan adalah bahwa pola psikologi pendidikan ini akan menentukan satu waktu atau usia tertentu saja dalam melakukan risetnya.

Treatment yang dilakukan pun akan berbeda sesuai dengan latar belakang masing masing orang. Misalkan memahami pola tujuan dan kebutuhan siswa yang tinggal di perkotaan tentu akan sangat berbeda dengan siswa yang berada di desa. Oleh karena itu, ilmu terkait Apa itu psikologi sangat dibutuhkan untuk mendapatkan pemahaman yang baik.

Mengerti tentang ilmu psikologi saat ini adalah salah satu pengetahuan umum yang banyak orang harus paham. Banyak permasalahan terkait kesehatan mental manusia kini menjadi issue yang cukup meresahkan. Oleh karena itu, belajar terkait ilmu bermanfaat satu ini setidaknya akan membantu anda dalam memahami pola pikir dan emosi manusia.

Bagi anda yang tertarik dengan psikologi, tidak ada salahnya untuk melanjutkan studi anda di jurusan ini. Prospek jurusan psikologi di dunia kerja cukup menjanjikan juga. Banyak psikolog yang memiliki kemampuan finansial yang mapan.