Apa itu Jurusan Manajemen?

Manajemen diambil dari kata Bahasa Inggris “manage” yang artinya mengatur. Hal inilah yang menjadi dasar pembuatan jurusan manajemen yaitu jurusan yang bisa mengatur. Untuk tahu lebih dalam mengenai apa itu jurusan manajemen dan apakah Kamu cocok untuk bekerja di jurusan ini, maka berikut ini adalah informasi lengkap mengenai jurusan manajemen.

Apa itu jurusan manajemen?

Ketika kita bicara mengenai apa itu jurusan manajemen, ada banyak sekali hal yang berhubungan dengan jurusan ini yang bisa kita pelajari. Misalnya manajemen manusia, manajemen komputer dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal inilah yang membuat jurusan manajemen sangat luas.

Meskipun hanya terlihat sepele jurusan ini sangat penting. Mengapa? Karena jurusan ini bertugas untuk memastikan tidak ada kekacauan di lapangan kerja. Pada dasarnya setiap manusia harus memiliki kemampuan untuk mengatur.

Akan tetapi hal ini lebih diterapkan pada diri sendiri. Sedangkan mereka yang bekerja atau mengambil jurusan manajemen biasanya akan bertugas untuk melakukan pengaturan dalam skala yang lebih besar.

Jalur pendidikan di jurusan manajemen

Bekerja di bagian manajemen memiliki banyak suka dan duka. Untuk kamu yang memiliki passion dalam mengatur dan memiliki pikiran dan mampu membuat strategi yang andal maka kamu bisa bekerja di ranah ini dengan mudah. Nah, jika kamu memang ingin bekerja di jurusan ini, kamu bisa mengambil beberapa jalur pendidikan mulai dari jurusan D3 hingga pendidikan manajemen S2.

Pendidikan manajemen D3

Masing-masing jurusan memiliki tujuan yang berbeda-beda. Jurusan D3 biasanya merupakan jurusan yang akan membantu kamu belajar manajemen dari hal-hal dasar. Kamu akan belajar mengenai ilmu terapan di level pendidikan ini. Jika belajar di level ini kamu akan mendapatkan gelar A.Md atau Ahli Madya.

Pendidikan manajemen D4

Sedangkan saat kamu belajar di level D4 maka kamu akan mendapatkan gelar S.Tr atau sarjana Terapan. Pendidikan manajemen di D4 ini sesungguhnya memiliki waktu pendidikan yang cukup mirip dengan pendidikan S1. Hal ini disebabkan karena waktu tempuh pendidikannya adalah 4 tahun.

Akan tetapi saat ini sangat sedikit pihak yang membutuhkan sarjana D4. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu langsung saja mencari jurusan S1 supaya nantinya kamu bisa langsung bekerja setelah lulus.

Pendidikan manajemen S1

Pendidikan manajemen S1 adalah pendidikan yang paling banyak diincar. Hal ini disebabkan karena pendidikan manajemen S1 ini merupakan pendidikan yang menghasilkan sarjana S1 yang mampu bersaing dan paling banyak diminati oleh perusahaan. Ranah pendidikan di level ini juga lebih ke teori dibandingkan dengan terapan.

Pendidikan manajemen S2 dan S3

Umumnya pendidikan ini jarang ditemukan, hal ini karena kebutuhan pasar juga masih kecil. Jika mencari jurusan manajemen S2 dan S3 di Indonesia kualitasnya juga tidak begitu disarankan. Oleh karena itu, lebih banyak orang belajar mengenai manajemen S2 dan S3 di luar negeri.

Skill atau kemampuan yang dibutuhkan dalam bidang manajemen

Seperti disebutkan sebelumnya, setiap orang pasti memiliki kemampuan untuk mengatur bukan? Akan tetapi tidak semuanya memiliki kemampuan untuk mengatur dengan skala yang lebih besar. Lalu skill apa yang akan kamu butuhkan jika ingin sukses sebagai seorang manajer? Berikut ini adalah ulasannya.

Related Post

Kemampuan untuk berkomunikasi

Skill pertama yang harus kamu miliki sebagai seorang yang bekerja dan belajar mengenai manajemen adalah kemampuan untuk berkomunikasi. Ketika seseorang akan mengatur, maka ia harus bisa berkomunikasi dengan efektif.

Kemampuan komunikasi efektif ini bisa dipelajari dan dilatih, akan tetapi ada juga orang yang lahir dengan kemampuan komunikasi yang efektif sehingga perkataannya lebih mudah dipahami orang lain. Kemampuan untuk berkomunikasi ini wajib dimiliki jika kamu ingin sukses di bidang manajemen.

Kemampuan untuk bersosialisasi

Kemampuan lain yang harus kamu miliki saat kamu akan terjun di dunia manajemen adalah kemampuan untuk bersosialisasi. Saat kamu masuk ke dalam sebuah lingkungan, kamu harus bisa bersosialisasi. Kemampuan bersosialisasi sangat penting untuk masuk dalam sebuah lingkungan. Karena jika kamu berusaha mengatur lingkungan yang tidak menerima kamu akan sulit untuk bertahan.

Kemampuan analisis

Sebuah lingkungan kerja yang tidak efektif tentu memiliki masalah di dalamnya. Inilah yang membuat seorang manajer harus memiliki kemampuan analisis ini. Saat kamu ada di lingkungan dan merasa lingkungan tersebut tidak berjalan dengan efektif, maka kamu harus bisa menganalisis apa akar dari masalah tersebut. Setelah tahu akar dari masalahnya, kamu juga barus bisa menemukan solusi yang paling sesuai dengan yang dibutuhkan lingkungan.

Skill kepemimpinan

Selanjutnya, hal lain yang harus kamu miliki sebagai seorang manajer adalah kemampuan kepemimpinan. Seorang manajer akan mengatur. Nah, untuk bisa mengatur dan bisa dianut sebagai pengatur, kamu harus mampu memimpin.

Ingat memimpin tidak sama dengan menjadi bos. Jika kamu tidak memiliki kemampuan ini, akan sulit bagi kamu untuk menghadapi masa-masa sulit yang selalu dihadapkan saat kamu menjadi seorang manajer. Karena pada dasarnya manajer tugasnya bukan serta merta untuk mengatur akan tetapi juga bertugas untuk memilih antara pilihan yang lebih tepat untuk membuat sistem yang lebih rapi dan bekerja dengan baik.

Skill sesuai dengan bidang yang diambil

Seperti disebutkan sebelumnya, manajemen merupakan sebuah lingkup yang luas. Hal ini membuat seorang manajer harus memiliki kemampuan di bidang di mana ia bekerja. Misalnya ketika kamu mengambil ilmu manajemen komputer, kamu harus memiliki kemampuan dan pengetahuan mengenai komputer. Sedangkan jika kamu ingin mengambil manajemen manusia, kamu harus menguasai bidang psikologi untuk bisa tahu jalan pikiran manusia yang berbeda-beda.

Hal-hal di atas bisa kamu pelajari secara formal atau bisa juga kamu pelajari secara mandiri. Selain itu, nantinya di jurusan yang kamu ambil, kamu akan diberikan brief singkat untuk bidang yang akan kamu manage.

Tips sukses tentukan jurusan manajemen untuk kuliah

Jika kamu ingin sukses di bidang manajemen, kamu bisa sukses dengan lakukan beberapa langkah ini

Tentukan goal

Salah satu hal yang harus kamu tetapkan terlebih dahulu adalah goal kamu. Pastikan kamu memiliki goal dan sesuaikan dengan kemampuan kamu. Jika kamu sudah punya goal, akan lebih mudah bagi kamu untuk menata langkah kamu ke depannya. Karena seorang manajer harus bisa memanage dirinya sendiri dahulu sebelum me-manage orang lain atau lingkup lain yang lebih besar.

Tentukan tempat menempuh pendidikan

Selain menentukan goal, cari universitas dan jurusan yang memiliki kredibilitas untuk bisa membantu kamu membangun karier yang sesuai dengan harapan kamu. Kamu bisa lihat dari program pendidikan yang dimilikinya, prestasi pengajarnya dan tentunya akreditasi jurusan serta universitasnya.

Nah, bagaimana sudah jelas bukan apa itu jurusan manajemen? Kini kamu sudah tahu apa yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi seorang manajer yang sukses. Oleh karena itu, bangun kemampuan dan terus berimprovisasi agar kamu bisa jadi manajer yang berkualitas ya!