Anggrek Golden Shower

 

Anggrek golden shower memiliki arti atau makna khusus. Arti golden shower adalah sebagai simbol kecantikan yang halus dan langka, keindahan serta kasih sayang yang murni dan rasa cinta kebijaksanaan, perhatian dan perbaikan. Sehingga memberikan anggrek ini ke orang lain memiliki arti anda menyayangi orang tersebut.

Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang cocok dipajang baik di dalam maupun di luar rumah dan cocok dengan iklim di Indonesia yang tropis. Tanaman anggek bisa diletakkan di dalam ruangan tertutup karena anggrek merupakan tanaman yang pantang terkena sinar matahari secara langsung.

Jenis Tanaman Anggrek

Setiap jenis tanaman anggrek memiliki keunikan tersendiri. Keunikan dan keindahan yang dimiliki oleh anggrek ini pun beragam. Pecinta tanaman anggrek tidak hanya menikmat bunganya yang eksotik atau keharumannya. Banyak pecinta anggrek yang mengangumi keunikan akarnya yang menjulur, bulb yang montok dengan berbagai bentuk,bahkan tantangan dalam perawatan dan pembudidayaanya.

Anggrek memiliki banyak spesies dari berbagai genus berbeda. Inilah yang membuat anggrek memiliki keunggulan dan kelebihan. Beberapa genus anggrek tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Dendrobium adalah genus anggrek paling populer yang memiliki spesies paling banyak
  2. Phalaenopsis adalah jenis anggrek yang kepopulerannya mendekati anggrek dendobrium salah satu contoh spesiesnya adalah anggrek bulan
  3. Cattleya adalah jenis anggrek berbunga besar dan sangat spektakuler
  4. Oncidium adalah anggrek yang memiliki keunikan pada bunganya salah satu contohnya adalah anggrek golden shower
  5. Grammatophylum adalah spesies anggrek yang anggotanya seperti anggrek papua raksasa

Dengan tehnik hybrida, saat ini perkembangan anggrek sangat variatif, banyak bermunculan jenis anggrek baru setiap harinya. Salah satunya adalah jenis anggrek oncidium paling terkenal yaitu anggrek golden shower. Oncidium sendiri merupakan anggrek simpodial yang memiliki batang lunak sebagai penyimpanan air. Anggrek oncidium mudah sekali diperbanyak dan perkembangan anaknya sangat cepat. Perbanyakan dengan cara split atau pemisahan anakan

Merawat Anggrek Golden Shower

Merawat bunga anggrek golden shower sama halnya dengan merawat seseorang yang dicintai. Jika teledor dalam perawatannya, tentu saja selain lambat berbunga, anggrek juga cepat layu dan mati. Oleh sebab itu, perhatikan hal hal yang meliputi perawatan dan pemeliharaan tanaman bunga ini.

Merawat anggrek golden shower membutuhkan lokasi tumbuh dengan suhu maksimal 21° C dan kelembapan udara sekitar 65-70%. Bunga ini akan tumbuh dengan baik di dataran tinggi. Meskipun demikian, di dataran rendah ia juga bisa hidup, namun harus memenuhi ketentuan yang tepat.

Tanaman ini pantang terkena sinar matahari langsung akan tetapi ia masih toleran terhadap sinar matahari pagi yaitu sekitar 7-9 pagi. Walau tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung, jika kekurangan cahaya matahari anggrek golden shower akan tumbuh kurus, daunnya sempit dan panjang. Sebaliknya jika kelebihan sinar matahari daunnya anak menguning seperti terbakar.

Anggrek akan tumbuh dengan baik jika digantung dibawah pohon yang rimbun atau di dalam rumah dan ditanam di pot dengan perlakuan khusus. Perlakuan khusus ini diantaranya adalah penyinaran. Tempat yang ideal untuk menanamnya adalah di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung. Jika didalam ruangan, perlu penyinaran dengan lampu ruangan. Hal ini mencegah tanaman anggrek yang berada di dalam rumah kekurangan cahaya.

Kelembapan tanaman angggrek golden shower juga harus dijaga. Sebagai tanaman tropis, tanaman ini perlu dijaga agar tetap lembap. Pemilihan model pot dan pemilihan bahan media tanam adalah salah satu kunci agar kelembapan tetap terjaga. Selain model pot, perlu juga dilakukan pemupukan. Gunakanlah pupuk khusus anggrek atau pupuk untuk tanaman tropis.

Media Tanam

Media tanam yang baik adalah yang tidak cepat lapuk, memudahkan akar menempel, berongga (porous) untuk sirkulasi udara, dapat menyimpan zat  hara, serta tidak mudah menjadi sumber penyakit. Bahan media tanam bisa dari pakis, moss, sabut kelapa, arang kayu, pecahan batu bata atau genteng.

Media tanam yang ideal untuk membuat anggrek rajin berbunga tersusun menjadi 2 bagian. Pada bagian 1/3 bawah diisi dengan  potongan batu bata seentara bagian 2/4 sisanya menggunakan pakis. Bahan media tidak dicampur tetapi disusun sesuai karakteristiknya seperti yang telah disebutkan.

Penanaman Anggrek Golden Shower

Menanam anggrek golden shower membutuhkan ketekunan dan rasa cinta yang lebih, karena banyak yang ingin membudidayakannya. Semua orang ingin memiliki anggrek untuk dinikmati keunikan serta keindahannya. Oleh sebab itu, harus ada usaha yang telaten.

Penanaman bisa dilakukan di pot apabila akan diletakkan di dalam ruangan. Pot bisa dipilih dari bahan tanah atau plastik. Pot tanah lebih diutamakan karena bisa menyimpan air, sedangkan pot plastik tidak.

Tanaman ini juga bagus ditanam di blok pakis dan digantung di bawah pohon. Secara berkala sebaiknya dilakukan repotting, misalnya 6 bulan sekali untuk memberi ruang pada akar anggrek.

Penyiraman

Sebenarnya, tidak ada patokan yang tepat untuk menyiram tanaman anggrek golden shower. Cara paling mudah untuk mengetahui apakah tanaman perlu disiram atau tidak adalah dengan memantau kondisi media tanamnya.

Saat melakukan penyiraman, sebaiknya menggunakan sprayer. Air yang digunakan untuk menyiram juga bebas kaporit dan senyawa kimia lainnya. Tanaman ini termasuk ke dalam jenis yang tidak tahan kekeringan sehingga penyiramannya harus dilakukan sehari sekali.

Ketika menyiram, usahakan agar bunga bagian bunga tidak terkena air siraman. Jika terkena air siraman akan menyebabkan mudahnya bunga menjadi rontok. Tentu saja harus dihindari, karena keindahan anggrek golden shower yang utama adalah pada bunganya.

Pemupukan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam merawat anggrek golden shower adalah masalah pemupukan. Agar rajin berbunga, ia perlu diberi pupuk secara teratur dengan komposisi yang tepat. Untuk pemupukan pilih pupuk cair atau pupuk daun dengan unsur makro NPK yang disesuaikan dengan usia tanaman. Saat usia tanaman masih muda, unsur N harus lebih banyak. Sedangkan saat tanaman telah siap berbunga, unsur P harus lebih banyak. Unsur P merangsang tanaman agar bisa berbunga, kekurangan unsur P ini membuat tanaman tidak bisa bebrunga.

Pemupukan dilakukan seminggu sekali dengan dosis 1/2 sendok teh per 1 liter air. Cara melakukannya adalah dengan menyemprotkan larutan pupuk cair dengan sprayer pada bagian daun dan akar. Pemupukan bisa dilakukan lebih sering dengan mengurangi dosisnya.

Itulah sedikit tentang cara merawat anggrek golden shower semoga artikel ini dapat bermanfaat. Salam budidaya

Membuat Aggrek Golden Shower Berbunga

Jika anda sudah mempunyai anggrek golden shower yang tumbuh subur, maka anda pun mengharapkan bunganya selalu muncul setiap saat. Ada langkah langkah yang harus anda perhatikan untuk mendapatkan anggrek golden shower agar selalu berbunga.

Berikut ini cara merawat anggrek golden shower subur dan berbunga sepanjang waktu.

a. Pemilihan bibit
Pemilihan bibit bunga anggrek hias golden shower adalah langkah awal yang harus sangat diperhatikan secara teliti. Bibit yang berkualitas tentu akan menghasilkan tanaman dengan kualitas tinggi yang memuaskan.

b. Media tanam
Mediam tanam yang sesuai untuk anggrek golden shower agar cepat dan selalu berbunga sebaiknya disusun menjadi dua bagian. Pada 1/3 bagian bawah menggunakan batu bata yang dipotong potong. Pada 2/3 bagian atas diisi dengan pakis. Ini adalah media tanam yang paling ideal untuk memicu pertumbuhan anggrek golden shower agar selalu berbunga.

c. Hormon
Kurangnya hormon memicu anggrek menjadi lambat berbunga. Pemberian hormon giberelin adalah salah satu hormon penumbuh bunga anggrek yang banyak digunakan dan cukup bagus untuk perawatan tanaman ini agar cepat berbunga. Jika tidak menggunakan hormon giberelin, dapat diganti dengan menggunakan air kelapa sebanyak 150 ml yang dicampur air hingga 1 liter.

d. Pemupukan
Unsur hara P yang tinggi didalam pupuk adalah kunci agar anggrek golden shower selalu berbunga dan dapat dilakukan dengan penyemprotan ataupun penyiraman menggunakan pupuk slow rilis yang ditaburkan di atas media tanam.

e. Kelembapan
Kelembapan yang ideal untuk anggrek golden shower agar selalu berbunga adalah 60-80%. Salah satu cara agar kelembapan tetap terjaga bisa dilakukan dengan menempatkan pot anggrek di atas rak yang dibawahnya terdapat kolam.

f. Bentuk pot
Pot yang memiliki banyak lubang dan terbuat dari tanah liat adalah konstruksi pot yang paling baik untuk memicu pertumbuhan tanaman inir. Sirkulasi udara yang keluar masuk lubang lubang tersebut akan memudahkan anggrek golden shower bisa bernafas dengan baik.

g. Penyiraman
Kandungan air dari media tanam perlu diperhatikan dengan seksama agar anggrek golden shower subur dan berbunga. Saat cuaca panas sebaiknya penyiraman dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari. Namun saat cuaca sedang hujan maka tidak perlu melakukan penyiraman. Kadar air media tanam dan waktu penyiramannya harus benar benar diperhatikan. Waktu yang baik untuk penyiraman adalah sekitar pukul 7.00 – 9.00 pagi dan sore pukul 3.00 – 5.00.

h. Pengendalian hama penyakit
Mengamati pertumbuhan anggrek golden shower merupakan salah satu cara untuk meminimalisasi hama penyakit. Pantauan yang teliti tentu akan memudahkan anda melihat apakah anggrek yang ditanam terkena hama penyakit atau tidak. Bersihkan kotoran yang melekat pada anggrek. Gunakan insektisida jika anggrek diserang hama. Jika terkena jamur maka aplikasikan dengan fungisida. Namun, jika terkena bakteri yang menghambat pertumbuhannya maka aplikasikan dengan bakterisida.

i. Penyusunan
Susunan rak anggrek golden shower harus pada posisi datar dengan ketinggian sekitar 1 meter. Jangan meletakkannya secara berjenjang agar sirkulasi udara tetap normal.

j. Rumah lindung
Intensitas cahaya untuk bunga anggrek di dalam rumah harus diperhatikan, yaitu sekitar 60-70%. Sebaiknya, rumah lindung anggrek diberi paranet untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk.

k. Kedisiplinan
Bunga anggrek golden showe sebagai tanaman hias yang dapat dengan cepat berbunga membutuhkan kedisiplinan tinggi dalam memperhatikan setiap detail dalam perawatannya. Bunga ini harus dipantau setiap hari. Jika tidak disiplin dan merawatnya asal asalan, tentu saja bunga anggrek golden shower akan sangat lambat berbunga.

Memelihara tanaman ini memiliki seni tersendiri. Memang tidak mudah Merawanya agar Subur dan Berbunga, ada banyak faktor yang harus dipelajari lebih lanjut. Namun, dengan dasar dasar perwatan yang sudah diuraikan di atas, anda dapat merawat anggrek dengan baik.