Categories: Tanaman

Aglaonema Khanza

Aglaonema khanza merupakan salah satu jenis aglaonema yang baru muncul beberapa tahun belakangan ini. Walaupun termasuk varietas baru, ia langsung digandrungi para pecinta tanaman hias dikarenakan keindahan daunnya.

Ciri – Ciri

Tanaman hias daun ini memiliki bentuk daun yang sangat indah. Ciri khas dari Aglaonema Khanza ini ialah pada tulang daun dan pinggir daunnya berwarna merah muda. Sedangkan di bagian daun lainnya berwarna hijau yang akan menjadi semakin kekuningan saat umur daunnya bertambah tua.

Harga Aglaonema Khanza

Harga tanaman hias ini di tahun 2020 masih cukup mahal. Walaupun situasi ekonomi sedang tidak begitu baik dikarenakan adanya pandemi corona tetapi pesona Aglaonema Khanza masih memikat banyak orang untuk memilikinya. Tak ayal, ia menjadi salah satu tanaman hias daun berharga mahal di tahun 2020.

Related Post

Satu Aglaonema Khanza yang berukuran besar saat ini harganya masih berkisar antara 3 – 5 juta rupiah per pohonnya. Itupun sudah turun cukup jauh dibandingkan harganya saat sebelum ada pandemi corona yang masih dapat mencapai 7 jutaan. Sedangkan yang masih berupa bibit, biasa dijual dengan harga antara 150 – 250 ribu rupiah. Salah satu penyebab jauhnya perbedaan antara tanaman dewasa dan bibit adalah karena lamanya ia tumbuh.

Perawatan Aglaonema Khanza

Perawatan tanaman ini hampir sama dengan jenis aglaonema lainnya. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, diantaranya :

  • Pencahayaan
    Sinar matahari tidak langsung yang optimal akan membantu aglaonema khanza menghasilkan warna pink indah yang ada di daunnya. Jangan meletakkan tanaman ini di tempat yang terkena sinar matahari penuh , karena dalam banyak khasus daunnya akan terbakar atau menjadi layu. Tanaman ini cukup toleran pada daerah yang kurang terkena sinar matahari. Hanya saja biasanya warna pink pada daunnya tiak akan terlalu tajam.
  • Pemberian air
    Aglaonema khanza lebih menyukai tempat yang lembap. Pda saat musim kemarau, berikan penyiraman secara teratur setiap hari, sedangkan pada musim penghujan anda harus memastikan bahwa tanahnya tidak terendam air. Pemberian air yang cukup dan sirkulasi air yang tejaga adalah kuncinya. Jangan biarkan tanah bagian bawah terendam air karena dapat menyebabkan pembusukkan akar.
    Tanaman ini bisa bertahan hidup di daerah yang memiliki kelembapan rendah, tetapi akan tumbuh dengan baik jika lingkungannya memiliki tingkat kelembapan yang tinggi. Oleh karena itu semprotlah daun aglaonema anda pada saat musim kemarau untuk meningkatkan kelembapannya.
  • Suhu
    Tanaman ini menyukai lingkungan yang memiliki suhu 15 – 21 C. Pada daerah dataran rendah Indonesia, biasanya daerah yang diberi naungan pohon yang rimbunlah yang memiliki suhu seperti itu. Sedangkan pada daerah yang memiliki dataran tinggi seperti kaliurang dan bandung, suhu rata-ratanya biasanya sudah mencapai seperti itu.
  • Racun
    Aglaonema khanza pada daunnya mengandung sedikit zat racun. Biasanya, jika tidak sengaja termakan akan menyebabkan iritasi mulut dan perut serta muntah-muntah. Oleh karena itu jauhkanlah tanaman in dari anak kecil dan hewan peliharaan.