7 Universitas yang Ada Jurusan Manajemen Bisnis

Diantara kalian yang baru saja lulus SMA, apakah ada yang ingin memilih jurusan manajemen bisnis? Tidak disangka, anak-anak zaman sekarang pasti akan menjawab tertarik. Memang, jurusan manajemen bisnis adalah salah satu jurusan yang kerap banjir peminat di beberapa tahun terakhir. Yuk, simak ulasan menarik mengenai universitas yang ada jurusan manajemen bisnis untuk rekomendasi pilihanmu.

Universitas yang Ada Jurusan Manajemen Bisnis

Jika kamu tengah kuliah dan tiba-tiba ditanya saat reuni teman SMA, kuliah dimana? Kamu pasti bangga banget kalau nyebut manajemen bisnis. Apalagi diiringi embel-embel universitas ternama tempat kamu mengenyam pendidikan. Bisa-bisa, pamor kamu diantara teman-teman SMA langsung meningkat.

Bisa kuliah manajemen bisnis ternyata tidak hanya terdengar keren. Tapi tahukah kamu jika tidak hanya untuk prestige,kuliah ini juga bagus untuk masa depan? Pasalnya, sampai kapanpun manajemen bisnis akan berguna dan dicari di bidang industri. Bahkan, bersamaan dengan jurusan Teknik, manajemen bisnis digadang-gadang menjadi salah satu jurusan yang paling diminati dalam menyongsong industri 4.0.

Nah, saking banyaknya peminat jurusan ini, tingkat persaingan pun makin ketat. Tak ayal, banyak yang tidak kebagian untuk bisa masuk ke universitas top yang ada jurusan manajemen bisnis di dalamnya. Berikut ini akan saya rangkum 7 universitas top yang ada jurusan manajemen bisnis di dalamnya.

Universitas Indonesia

Universitas pertama yang ada jurusan manajemen bisnisnya adalah Universitas Indonesia. Dikenal dengan sebutan kerennya UI, kampus yang ada di Jakarta ini memang menjadi rujukan mahasiswa seantero negeri. Tidak hanya mampu masuk dalam deretan kampus mentereng di tanah air, UI juga dikenal mampu mencetak lulusan-lulusan terbaik. Banyaknya alumni UI yang memegang posisi kunci di Indonesia dalam bidang bisnis membuatnya dianggap sebagai salah satu jurusan manajemen terbaik di Indonesia.

Salah satu lulusan yang diperhitungkan adalah dari manajemen bisnis. Tak tanggung-tanggung, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI pernah melahirkan sejumlah nama besar seperti Sri Mulyani dan Tasya Kamila. Reputasi mereka pun tidak main-main. Alhasil, untuk masuk ke manajemen bisnis UI pun, kamu butuh persiapan yang matang.

Institut Teknologi Bandung

Universitas kedua yang ada jurusan manajemen bisnisnya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Berbeda dari si almamater kuning yang punya banyak jurusan, ITB lebih dikenal dengan sekolahnya anak-anak Teknik. Tapi ternyata, kampus bergengsi di Indonesia ini juga punya jurusan manajemen bisnis yang tidak kalah reputasinya.

Bernama Sekolah Bisnis dan Manajemen, jurusan ini menjadi salah satu rumpun Soshum di ITB. Banyak anak-anak hebat dari jurusan IPS di SMA masuk ke dalam jurusan ini. Tidak hanya reputasinya yang tinggi, lulusan-lulusannya pun dikenal sangat handal. Hal ini mungkin tidak lepas dari salah satu mata kuliah andalannya, yakni Kewirausahaan dan Bisnis Internasional.

Universitas Diponegoro

Selanjutnya, Universitas yang ada jurusan manajemen bisnisnya adalah Universitas Diponegoro (UNDIP). Saking komplitnya jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis disini, kamu pasti bingung kala akan memilihnya. Pasalnya, ada beberapa jurusan yang recommended,seperti Akuntansi, Ekonomi Islam, Ekonomi dan Pembangunan, hingga Manajemen Bisnis.

Bahkan tidak hanya menjadi rujukan calon mahasiswa S1 saja, UNDIP juga kerap menjadi incaran para pencari S2. Persaingan ketat pun tidak ayal mewarnai pendaftaran kuliah untuk mendapat gelar Sarjana Manajemen dan Magister Manajemen disana. Nah, buat kamu yang ingin kuliah manajemen bisnis, UNDIP bisa jadi salah satu pilihan terbaik ya.

Related Post

Universitas Airlangga

Apakah kamu tahu, Surabaya juga punya kampus yang recommended untuk kamu kuliah manajemen bisnis? Mana lagi kalau bukan Universitas Airlangga (UNAIR). Tidak hanya namanya saja yang beken, kampus ini nyatanya juga mampu menunjukkan reputasi terbaiknya di bidang jurusan manajemen bisnis. Tidak ayal, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR menjadi banyak incaran para calon mahasiswa seantero Indonesia.

Saking hebatnya, fakultas ini punya 4 departemen lho. Sebut saja Akuntansi, Ilmu Ekonomi, Ekonomi Syariah, dan tentu saja Manajemen Bisnis. Nah, kamu bebas nih memilih mana yang kamu suka. Pokoknya, semua jurusan di UNAIR, terlebih manajemen bisnisnya, dijamin tidak akan membuatmu menyesal masuk kesana.

Universitas Gadjah Mada

Kelima, Universitas yang ada jurusan manajemen bisnisnya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Berada di Jogjakarta, kampus yang menjadi universitas tertua di tanah air ini tidak hanya menyuguhkan arsitektur dan panorama yang khas. Melainkan juga, UGM dikenal dengan banyaknya jurusan yang recommended untuk kuliah. Salah satunya adalah manajemen bisnis yang masuk dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Tentunya, kamu harus siap untuk bersaing dengan banyaknya pelamar kuliah. Pasalnya, ada ribuan calon mahasiswa yang berebut ingin duduk di bangku kelas manajemen dan bisnis di UGM. Tapi tenang… perjuangan dengan hasilnya akan sepadan kok. Banyak alumninya sukses di dunia karier dalam maupun luar negeri lho, sebut saja dari level Manajer hingga CEO.

IPMI International Business School

Universitas berikutnya yang ada jurusan manajemen bisnisnya adalah IPMI International Business School. Kampus ini memang termasuk dalam kampus swasta, namun jangan salah. IPMI malah merupakan salah satu kampus yang recommended untuk kamu yang mencari universitas yang ada jurusan manajemen bisnis terbaik. Bahkan saking bagusnya, kamu tidak hanya bisa cari S1, tapi juga bisa cari juga S2 manajemen bisnis disana.

Berada di Kawasan Kalibata, Jakarta, IPMI rupanya menerapkan standar dalam pengajarannya. Dimana, kamu bisa menemukan adaptasi metode pembelajarannya yang mirip dengan Harvard University. Selain itu, pengantar kuliah di IPMI juga memakai Bahasa Internasional, yakni Bahasa Inggris. Dijamin deh, masuk ke manajemen bisnis disana membuat kamu melebarkan sayap tidak hanya di dalam negeri, tapi juga kancah internasional.

Prasetya Mulya Business School

Terakhir, Universitas yang punya jurusan manajemen bisnis yang recommended adalah Prasetiya Mulya Business School. Sama dengan IPMI, kampus ini termasuk kampus swasta. Meski begitu, Prasetiya Mulya Business School cocok banget untuk kamu yang cari jurusan manajemen bisnis terbaik. Pasalnya, kampus ini sangat tenar hingga cocok disandingkan dengan beberapa kampus terbaik dalam negeri lho.

Tidak hanya jenjang S1 Manajemen Bisnis saja, kamu bisa juga mengambil jenjang S2. Selain itu, Prasetiya Mulya juga menawarkan banyak jurusan lain di Fakultas Ekonomi. Sebut saja Bisnis Perhotelan, Keuangan dan Perbankan, Hukum Bisnis Internasional, Pemasaran, hingga Bisnis Ekonomi dan banyak lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa kampus ini memang concern dalam jurusan manajemen dan bisnis di tanah air.

Bagaimana? Sudah puas dengan ulasan kampus mana saja yang ada jurusan manajemen bisnisnya bukan? Sejatinya, kuliah dimana saja sama, asal kamu tetap semangat dalam belajar. Namun tentunya, jika kamu bisa kuliah di kampus yang reputable,bukankah lebih senang dan lebih semangat dalam meniti kelulusan? Untuk itu,don’t wasting your time dan segera persiapkan diri untuk masuk ke manajemen bisnis kampus impianmu.

Demikian ulasan menarik mengenai universitas yang ada jurusan manajemen bisnis untuk rekomendasi pilihanmu. Pastikan kamu sudah mengenali kelebihan-kelebihan universitas di atas. Pastinya, kamu harus siap bersaing jika ingin masuk jurusan manajemen bisnis di universitas tersebut. Semoga ulasannya bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi pilihan kuliahmu ya.