13 Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan

Tahukah kamu jurusan ekonomi pembangunan? Ya, jurusan tersebut merupakan salah satu jurusan yang ada di fakultas Ekonomi dan Bisnis. Walaupun peminatnya tidak begitu banyak, ada beberapa alasan mengapa anda perlu memilih jurusan ekonomi pembangunan untuk kelanjutan studi anda.

Apa Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan?

Masing-masing dari kamu pasti memiliki alasan tersendiri saat memilih jurusan di perkuliahan. Mulai dari karena jurusan tersebut paling populer, peminatnya banyak, peluang kerjanya yang tinggi, bahkan ikut-ikutan teman pun bisa dijadikan alasan utama.  Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memilih jurusan ekonomi pembangunan, apa sih alasan memilih jurusan tersebut? Sebelum menjawabnya, akan lebih baik jika kamu mengetahui beberapa kelebihan yang dimiliki jurusan ini. Yuk lanjut.

Kelebihan Dari Jurusan Ekonomi Pembangunan

Berikut beberapa kelebihan dari jurusan ekonomi pembangunan yang bisa kamu jadikan alasan mengapa harus memilih jurusan ini :

Memiliki peluang kerja yang luas dengan gaji menjanjikan.Banyak perusahaan atau lembaga yang membutuhkan lulusan dari jurusan ekonomi pembangunan.Dengan kemampuan di bidang ekonomi dan pembangunan yang cukup, kamu bisa meniti karir dengan berwirausaha.Matakuliah yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Inilah 13 Alasan Mengapa Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan

Untuk dapat menentukan pilihan, kamu tentu harus memiliki alasan yang kuat agar pilihanmu tersebut dapat meyakinkanmu. Nah, berikut beberapa alasan yang bisa kamu gunakan :

Dapat berkontribusi dalam dunia bisnis

Alasan pertama memilih jurusan ekonomi pembangunan ini karena setelah lulus kamu bisa mengaplikasikannya dalam bisnis usaha. Baik usaha mikro maupun mikro. Selain itu, kamu juga lebih leluasa dalam mengkritik dan memberi saran bisnismu sendiri sesuai dengan aturan ekonomi yang berlaku. Nah, dengan begitu kamu dapat mengelola bisnis secara maksimal.

Gaji yang diperoleh sangat menjanjikan

Karena lulusan dari jurusan ekonomi pembangunan ini sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan dan lembaga, tidak heran jika gaji yang diberikan pun cukup menjanjikan. Selain itu, mereka juga mendapatkan posisi strategis untuk menjalankan sebuah perusahaan dan lembaga. Di mana peranmu sebagai lulusan ekonomi pembangunan sangat dibutuhkan.

Mudah ditemukan di berbagai universitas

Alasan selanjutnya yaitu jurusan ekonomi pembangunan ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai perguruan tinggi Indonesia, baik swasta maupun negeri. Jadi, mudah saja apabila kamu berniat untuk masuk di jurusan tersebut.

Persaingannya tidak begitu ketat

Meskipun jurusan ekonomi pembangunan adalah salah satu jurusan yang memiliki peminat paling banyak, namun untuk bisa masuk ke dalam jurusan ini persaingannya tidak begitu ketat. Dengan kata lain, kamu bisa dengan mudah diterima sebagai mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan. Dibandingkan dengan jurusan lain yang mahasiswanya lebih banyak, justru jurusan ini memberi kesempatan kepada mereka dengan tidak membatasi jumlah mahasiswa yang diterima.

Related Post

Lulusan ekonomi pembangunan sangat dibutuhkan

Alasan lain yang sering dibicarakan banyak orang mengenai jurusan ini adalah karena lulusan ekonomi pembangunan sangat dibutuhkan untuk mengisi jabatan di berbagai perusahaan dan lembaga. Selain itu, kamu juga akan diposisikan untuk bertanggung jawab menangani persoalan penting yang biasanya dihadapi oleh perusahaan besar.

Mata Kuliah yang fleksibel

Materi kuliah yang banyak dan sulit dipahami, ya itulah salah satu alasan mengapa jurusan di perkuliahan tidak banyak memiliki mahasiswa. Namun ingat, tidak semua jurusan memiliki materi kuliah yang sama sulitnya ya. Kamu sudah menentukan pilihan yang benar, yups di dalam jurusan ekonomi pembangunan ini materi kuliahnya cukup fleksibel loh. Kamu bisa mengaplikasikan langsung ilmu yang sudah dipelajari untuk berbisnis, mengelola modal, dan juga menghitung keuntungan. Maka dari itu, matakuliah yang diajarkan dalam jurusan ini sangat aplikatif dan tentunya mudah.

Lapangan pekerjaan terbuka luas

Alasan satu ini cukup sering diungkapkan banyak orang, ya dengan menjadi lulusan dari jurusan ekonomi pembangunan secara otomatis kamu sudah mempersiapkan masa depan yang cerah. Mengapa? Karena lapangan pekerjaan terbuka luas di luar sana. Tentu hal itu disebabkan oleh kebutuhan perusahaan dan lembaga yang mencari staf atau karyawan dari lulusan jurusan ini. Maka dari itu, prospek kerja bagi lulusan jurusan ekonomi pembanguan semakin hari semakin meluas.

Biaya kuliah cukup terjangkau

Salah satu alasan utama seseorang tidak ingin berkuliah adalah karena biayanya yang mahal. Namun, kamu tidak perlu khawatir tentang hal itu sebab ada beberapa jurusan yang biaya kuliahnya cukup terjangkau. Salah satunya adalah jurusan ekonomi pembangunan. Ya, jurusan ini terbilang lebih murah dibandingkan dengan jurusan lain seperti kedokteran atau jurusan teknik. Karena alasan itulah jurusan ekonomi pembangunan juga memiliki banyak peminat.

Akreditasi baik

Dari semua perguruan tinggi yang memiliki jurusan ekonomi pembangunan, hampir semuanya sudah terakreditasi baik. Hal ini dimaksudkan bahwa perguruan tinggi yang memiliki jurusan tersebut resmi diakui sebagai institusi yang mampu menangani pendidikan dengan kualitas baik. Akreditasi tersebut berguna sebagai tolak ukur untuk melamar pekerjaan atau bisa juga untuk meneruskan studi lebih lanjut.

Adanya jenjang profesi lanjutan yang sesuai

Jika kamu memutuskan untuk berkuliah  di jurusan ekonomi pembangunan, maka nantinya kamu bisa melanjutkan jenjang pendidikan sampai ke jenjang doktor. Nah, dengan begitu kamu dapat terus mengasah kemampuan hingga menjadi seorang yang ahli dan profesional di bidangnya.

Ilmu yang tidak hilang dimakan zaman

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang akan terus digunakan sampai kapan pun. Seiring berkembangnya zaman, ilmu ekonomi pun juga akan ikut berkembang. Maka dari itu, ilmu ini tidak akan lekang oleh waktu. Selain itu, ilmu tentang ekonomi dan pembangunan ini juga memiliki peran penting bagi terselenggaranya kehidupan manusia.

Menjadi kunci utama dalam dunia bisnis

Dalam melakukan sebuah bisnis, kamu tidak akan lepas dari yang namanya ilmu ekonomi. Ya, ilmu inilah yang memiliki peran penting dalam mengelola usaha bisnismu. Setiap pergerakan dari bisnismu pasti dipengaruhi oleh ilmu terapan ekonomi. Karena hal itulah, ilmu ekonomi sangat mempengaruhi keberhasilan bisnismu.

Dapat membuka lapangan pekerjaan

Nah, selain peluang kerja yang tinggi sebagai lulusan dari jurusan ekonomi pembangunan kamu juga dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri loh. Mengingat angka pengangguran yang semakin tinggi, maka banyaknya peluang kerja akan membuat kondisi perekonomian negara semakin membaik. Kamu bisa membuka berbagai jenis usaha atau bisnis sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Nah, itu tadi beberapa alasan memilih jurusan ekonomi pembangunan di perguruan tinggi. Bagaimana? Poin-poin di atas cukup untuk kamu jadikan alasan mengapa harus memilih jurusan ekonomi pembangunan atau belum? Semoga pilihanmu tepat ya.